Bukan direndam sitrun, ini trik hilangkan kerak hitam di corong burner kompor cuma pakai 2 bahan dapur

Bukan direndam sitrun, ini trik hilangkan kerak hitam di corong burner kompor cuma pakai 2 bahan dapur
YouTube/By Salma Haws

Brilio.net - Kondisi kompor yang selalu bersih membuatnya dapat digunakan dalam waktu yang lama. Bukan tanpa sebab, seluruh komponen kompor bisa berjalan dengan baik jika selalu bersih. Bahkan pengaliran gas yang dikeluarkan dari burner kompor juga dapat menghasilkan api biru yang berkualitas.

Demi menjaga hal tersebut, idealnya kompor perlu dibersihkan secara berkala. Tak hanya bodi luarnya saja, komponen yang berada di bagian dalam kompor juga harus dibersihkan. Salah satunya bagian corong burner kompor.

Corong burner kompor memiliki bentuk lonjong dan berada di bagian bawah burner. Corong ini berfungsi seperti cerobong yang menyalurkan gas ke bagian burner, sehingga bisa menghasilkan api. Selain berfungsi sebagai pipa penyalur gas, corong burner kompor juga berguna sebagai tungku atau dudukan burnernya.

Sayangnya, bagian ini kerap diabaikan atau jarang dibersihkan. Alhasil kondisi corong jadi berkerak dan penuh noda hitam. Jika dibiarkan lebih lama, kerak hitam ini dapat menyumbat aliran gas dari tabung ke corong, lho. Dengan begitu, kompor tidak bisa digunakan karena apinya pun tidak bisa muncul.

Untuk mengatasi hal tersebut, membersihkan corong burner kompor menjadi solusi yang tepat. Walaupun bagi sebagian orang, kerak hitam yang menempel jadi PR tersendiri karena sulit dibersihkan. Alhasil, banyak orang menggunakan bahan khusus, seperti sitrun. Jadi corong burner ini biasanya akan direndam dalam sitrun sampai keraknya luntur.

Selain dengan sitrun, ada bahan lain yang sebenarnya bisa digunakan, lho. Bahan ini lebih mudah didapat karena pasti ada di dapur. Nah, bahan tersebut pernah dipaparkan lebih lanjut oleh pengguna YouTube By Salma Haws.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya