Cukup tambah 1 bahan dapur, ini trik bersihkan burner kompor agar kinclong dan bikin api tetap biru

Cukup tambah 1 bahan dapur, ini trik bersihkan burner kompor agar kinclong dan bikin api tetap biru
TikTok/@fifit.fitrisari

Brilio.net - Burner adalah komponen kompor yang berbentuk bulat dan terletak di bagian bawah tungku. Burner memiliki lubang-lubang kecil yang berfungsi untuk memancarkan api dari gas. Dengan adanya lubang kecil di burner, maka api yang terpancar juga cenderung lebih stabil.

Pada dasarnya, kualitas burner bisa menentukan karakter api yang dipancarkan kompor. Jika burner dalam kondisi baru atau bersih, biasanya api kompor akan berwarna biru. Sedangkan jika burner dalam kondisi kotor, akan sangat mungkin api kompor berubah merah karena korosi.

Kondisi api yang merah ini memang bisamembuat bagian bawah panci atau wajan jadi hitam karena gosong. Tak hanya itu, api kompor yang berubah warna ini juga cenderung memiliki suhu panas yang tidak stabil, sehingga proses memasak juga dapat terganggu.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, membersihkan burner kompor dengan maksimal tentu akan menjadi solusi terbaik. Banyak orang biasanya menggunakan cairan pembersih kamar mandi karena dinilai dapat membuat burner jadi lebih kinclong. Tapi sebaiknya, kamu menghindari penggunaan cairan ini, ya. Bukan tanpa sebab, cairan pembersih kamar mandi juga bisa bikin burner mengalami korosi, yang dampaknya akan membuat warna api kompor berubah hijau.

Supaya lebih aman, kamu bisa menggunakan bahan sederhana yang digunakan oleh pengguna TikTok @fifit.fitrisari. Melalui salah satu video singkat yang diunggah, dia mengaku hanya memakai bahan sederhana yang ada di dapur. Selain itu, ada juga bahan pembersih yang lebih aman dan nggak bikin burner mengalami korosi.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya