Tak perlu disikat, ini trik cuci lap dapur berminyak agar bersih dan kesat cuma tambah 2 bahan dapur

Tak perlu disikat, ini trik cuci lap dapur berminyak agar bersih dan kesat cuma tambah 2 bahan dapur
YouTube/Meirina Indah

Brilio.net - Aktivitas memasak biasanya membuat dapur jadi kotor. Mulai dari sisa bahan masakan, cipratan minyak, sampai kadang ada juga tumpahan berbagai cairan bumbu. Agar tidak kotor dan meninggalkan bau tak sedap, pastikan kamu langsung membersihkan dapur setiap habis memasak.

Untuk membersihkan dapur, kebanyakan orang biasanya akan menggunakan kain lap. Dengan kain lap, seluruh kotoran seperti minyak atau tumpahan cairan akan terserap sempurna. Dengan begitu, tampilan dapur langsung bersih kembali.

Sayangnya, lap dapur yang dipakai cenderung mudah sekali kotor. Bahkan noda bekas minyak akan menempel di kain lap. Nggak heran, saat disentuh, lap terasa berminyak dan kadang beraroma tak sedap. Jika sudah begini, lap dapur mau nggak mau harus langsung dicuci.

Kebanyakan orang mencuci lap dapur dengan cara biasa, yakni pakai deterjen. Meski sudah direndam, terkadang lap dapur masih terasa berminyak. Bahkan, ada yang mendapati lap dapurnya masih dekil dan berbau.

Lap dapur yang sudah direndam disikat dengan kuat agar kotorannya rontok. Alih-alih bersih, proses ini justru membuat kain lap jadi tipis sehingga mudah sobek saat digunakan nantinya.

Untuk menyiasatinya, kamu bisa meniru yang dilakukan warganet bernama Meirina Indah. Ia menjelaskan setiap tahapan saat mencuci lap dapurnya. Nggak cuma pakai deterjen saja, ia juga memanfaatkan dua bahan dapur lainnya untuk mencuci kain lap.

Penasaran bahan apa saja yang dipakai?

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya