Bermodal 1 ampas dapur, ini cara melepas corong dan burner kompor yang telanjur berkarat tanpa alat

Bermodal 1 ampas dapur, ini cara melepas corong dan burner kompor yang telanjur berkarat tanpa alat
YouTube/Sedayu Channel

Brilio.net - Kompor biasa dipakai untuk masak. Sebagian besar api kompor berasal dari bahan bakar gas, sehingga cenderung lebih stabil dan merata saat dipakai memanaskan.

Semakin sering digunakan, kompor pun harus rutin dibersihkan. Membersihkan kompor secara rutin akan membuat sejumlah komponennya bisa bekerja dengan baik. Termasuk pada bagian corong serta burner, yang berfungsi mempertemukan gas dan oksigen untuk kemudian menghasilkan api.

Nah, corong dan burner kompor ini harus selalu dijaga kebersihannya, lho. Apalagi kedua komponen, baik corong dan burner sangat rentan kotor. Karena keduanya terletak di bagian bawah bodi kompor yang sulit dijangkau, sehingga cenderung susah dibersihkan.

Jika tidak segera dibersihkan, kedua komponen ini malah berkarat dan akhirnya menempel satu sama lain. Hal ini pernah diterangkan oleh salah satu warganet yang berprofesi sebagai tukang reparasi kompor, yakni pengguna YouTube Sedayu Channel.

"Tak jarang kita menemui kompor yang antar burner dan kuningannya ini pun susah dipisah, ya. Jadi ini bagi temen-teman yang mungkin (kompornya) jarang dipakai atau mungkin dipakai terus tapi jarang dibersihkan dengan semestinya, akan mengakibatkan antara kuningan atau mungkin ring burner dan burner ini menyatu akibat karat," terang YouTube Sedayu Channel, dikutip BrilioFood pada Rabu (3/1).

Corong dan burner ini cenderung sulit dipisahkan. Menurut akun YouTube Sedayu Channel, menyongkel atau melepaskan secara paksa hanya akan membuat corong dan burner rusak. Dia pun menunjukkan salah satu contoh dari burner dan corong yang terlihat penyok karena dicongkel paksa.

Bermodal 1 ampas dapur, ini cara melepas corong dan burner kompor yang telanjur berkarat tanpa alat

foto: YouTube/Sedayu Channel

"Entah itu burnernya rusak, sehingga nggak bisa dipakai lagi. Atau toh misalnya bisa dipakai, karena bentuknya tidak seperti semula, mengakibatkan udara masuk, sehingga bisa bunyi 'bluk'," jelasnya lebih lanjut.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya