Modal Rp0, begini cara ampuh menghilangkan kerak dan jamur di tungku kompor tanpa direndam air

Modal Rp0, begini cara ampuh menghilangkan kerak dan jamur di tungku kompor tanpa direndam air
TikTok/@serviskomporgas6

Brilio.net - Berbagai macam aktivitas memasak tentu tidak bisa lepas dari kompor. Jenis perapian satu ini selalu diandalkan untuk mematangkan berbagai macam bahan makanan.

Di pasaran, ada banyak jenis kompor. Biasanya dibedakan dari desain serta bahan bakar yang digunakan. Namun sebagian besar masyarakat menggunakan kompor berbahan bakar gas. Selain terjangkau, api yang berasal dari gas juga dapat membuat masakan jadi cepat matang.

Tapi seperti halnya perabot dapur lain, kompor yang digunakan terus menerus bisa berubah tampilannya. Yang semula hitam legam, berubah kotor dan tampak kusam. Hal ini biasanya terjadi ketika banyak kotoran, debu, atau bahkan noda masakan yang menempel di bodi kompor.

Selain bodi kompor, bagian tungku juga menjadi komponen yang paling rentan kotor. Berbagai macam noda dari tumpahan masakan bisa langsung jatuh dan mengenai tungku kompor. Sayangnya, tumpukan noda ini bisa diperparah jika dibiarkan dalam waktu lama karena dapat jadi keras dan mengerak.

Jika sudah telanjur mengerak, tungku kompor akan semakin sulit dibersihkan. Selain kerak, tungku juga dapat ditumbuhi jamur, lho. Hal ini biasanya terjadi ketika daerah tungku kompor terlalu lembap. Nah, kompilasi kerak dan noda yang basah akan menyebabkan jamur, tampilan tungku kompor pun kian kusam.

Untuk mengatasi hal tersebut, sebagian besar orang biasanya akan merendamnya dalam air yang sudah dicampur bahan pembersih khusus. Sayangnya, pembersih khusus kerak umumnya dijual dengan harga tinggi. Bahkan tak jarang, harga pembersih ini sama dengan nominal tungku kompor baru.

Padahal alih-alih membeli yang baru, kamu bisa membersihkannya tanpa modal alias Rp0, lho. Hal ini pernah dibuktikan oleh pengguna TikTok @serviskomporgas6. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku tidak menggunakan cairan pembersih khusus untuk menghilangkan kerak dan jamur di tungku kompor.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya