Bukan pakai sitrun atau pasta gigi, begini cara bersihkan rice cooker berkerak dengan 2 bahan dapur

Bukan pakai sitrun atau pasta gigi, begini cara bersihkan rice cooker berkerak dengan 2 bahan dapur
TikTok/@quetez_hazel19

Brilio.net - Saat hendak menanak nasi, rice cooker selalu bisa diandalkan karena penggunaannya terbilang praktis. Tak hanya itu, rice cooker juga bikin proses menanak nasi jadi lebih cepat.

Namun seiring penggunannya, rice cooker pun berpotensi jadi kotor, lho. Saat dipakai terus menerus untuk menanak nasi, biasanya noda air dan butiran nasi yang tidak langsung dibersihkan akan berubah jadi kerak. Nah, kerak ini akan membuat tampilan rice cooker jadi kusam dan kotor.

Semakin lama dibiarkan, kerak tersebut bisa memengaruhi kinerja rice cooker, lho. Biasanya nasi yang dihasilkan juga jadi cepat basi karena banyaknya bakteri dari noda kerak tersebut. Tentu kamu nggak ingin nasi cepat basi dan dibuang percuma, bukan?

Lantas untuk mengatasi hal tersebut, sebagian orang biasanya akan membersihkan rice cooker dengan bahan khusus. Alih-alih memakai sabun, ada yang memilih menggunakan sitrun atau bahkan pasta gigi. Usut punya usut, kedua bahan ini dipercaya dapat mengangkat noda kerak yang membandel sekalipun, seperti noda gosong.

Tapi jika kamu tidak memiliki sitrun atau justru merasa mubazir jika menggunakan pasta gigi, tak perlu khawatir. Sebenarnya ada bahan lain yang bisa digunakan, lho. Hal ini pernah pula dibagikan oleh pengguna TikTok @quetez_hazel19 melalui salah satu video yang diunggah. Sebelumnya, dia mengaku rice cooker miliknya penuh kerak karena jarang dibersihkan.

"Akibat jarang membersihkan rice cooker, kotoran-kotoran menumpuk, menempel, hingga kering. Kondisi rice cooker yang seperti ini yang banyak menumbuhkan kuman-kuman," ungkap pengguna TikTok @quetez_hazel19, dilansir BrilioFood pada Jumat (24/11).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya