Tak usah direndam air panas, cara basmi karat dan kerak tebal di tungku kompor ini pakai 3 bahan dapur

Tak usah direndam air panas, cara basmi karat dan kerak tebal di tungku kompor ini pakai 3 bahan dapur
YouTube/Rudi Albughury

Brilio.net -Tungku sering kali menjadi salah satu bagian dari kompor yang paling kotor. Hal ini tidak mengherankan karena posisinya yang berada di bagian bawah perangkat memasak membuatnya rentan terkena tumpahan makanan. Noda yang diakibatkan tumpahan tersebut kemudian mengering dan membentuk kerak karena terus-menerus terpapar langsung oleh panas api kompor.

Memang idealnya, tungku kompor ini harus dibersihkan secara rutin. Setiap selesai memasak, tungku kompor perlu dibersihkan dari sisa kotoran. Lebih baik lagi, setiap seminggu sekali, proses pembersihannya bisa lebih menyeluruh (deep cleaning).

Sayangnya, hingga kini banyak orang masih abai dengan kebersihan tungku kompor. Alhasil, noda keraknya semakin menebal seiring tingginya intensitas penggunaan kompor. Padahal semakin tebal keraknya, lebih sulit pula dibersihkan.

Pada dasarnya, butuh proses khusus saat hendak membersihkan tungku kompor ini. Biasanya sejumlah orang bahkan sampai merendam tungku kompor dalam air panas terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk membuat kerak pada tungku jadi lebih lunak, sehingga akan lebih mudah disikat dan dibersihkan.

Namun merendam tungku kompor biasanya butuh waktu lama. Bisa sampai berjam-jam atau bahkan ada yang sampai seharian penuh hanya untuk merendam tungku kompor agar keraknya jadi lebih lunak. Dengan metode tersebut, tentu kamu harus meluangkan waktu yang cukup lama hanya untuk membersihkan tungku kompor.

Padahal jika tahu triknya, tungku kompor sebenarnya tidak perlu direndam selama itu, lho. Ada trik khusus yang membuat tungku kompor semakin mudah dibersihkan tanpa perlu direndam air panas. Nah, trik ini pernah dibagikan oleh pengguna YouTube Rudi Albughury melalui salah satu video yang diunggah.

Dilansir BrilioFood dari YouTube Rudi Albughury pada Senin (29/4), mulanya dia menampilkan kondisi tungku kompor yang sangat hitam dan berkerak. Di beberapa sisinya bahkan muncul jamur putih yang membuat tampilan tungku kompor semakin kotor. Usut punya usut, kondisi ini disebabkan karena tungku kompor jarang sekali dibersihkan.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya