Tak perlu direndam lama, ini trik cepat bersihkan sisa kerak nasi di dalam panci pakai 2 bahan dapur

Tak perlu direndam lama, ini trik cepat bersihkan sisa kerak nasi di dalam panci pakai 2 bahan dapur
TikTok/@bryncess16

Brilio.net - Bagian bawah atau pinggiran dalam panci biasanya terdapat kerak nasi. Kalau sudah berkerak, sisa nasi di dalam panci sangat sulit dibersihkan. Makanya, banyak orang memilih merendamnya pakai air semalaman supaya kerak nasi jadi lebih mengembang lalu mudah dibersihkan.

Namun, tak sedikit pula yang menganggap merendam panci butuh waktu terlalu lama, padahal harus menanak nasi lagi saat itu juga. Alhasil, panci langsung dicuci menggunakan spons kasar atau sabut kawat supaya kerak nasi bisa terangkat. Padahal, teknik tersebut dapat merusak lapisan panci, lho.

Usut punya usut, bagian dalam panci yang tergores berisiko membahayakan kesehatan. Dilansir dari jsonline.com, lapisan panci yang tergores dapat meresap ke dalam makanan saat dimasak pakai panci tersebut. Biasanya, lapisan di dalam panci mengandung zat-zat yang berbahaya untuk tubuh, makanya penting untuk menjaga kondisi panci tetap utuh tanpa goresan biar tetap aman digunakan.

Biar nggak merusak lapisan panci, kamu dapat meniru trik yang dibagikan oleh warganet di akun TikTok @bryncess16 buat mencuci panci dari kerak nasi, nih. Warganet akrab disapa Bryn ini mengatakan, bahan yang dibutuhkan untuk membersihkan panci ini ada dua. Lantas, penasaran gimana triknya?

"The easiest way I’ve found to get rice off the bottom of a pan! (Cara paling mudah yang aku pernah temui untuk mengangkat sisa nasi di panci!)," serunya, dikutip BrilioFood dari TikTok @bryncess16 pada Rabu (11/10).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya