Tanpa sitrun dan air panas, begini cara bersihkan selang dan regulator tabung gas dalam waktu 3 menit

Tanpa sitrun dan air panas, begini cara bersihkan selang dan regulator tabung gas dalam waktu 3 menit
foto: YouTube/EK TV CHANEL

Brilio.net - Selang dan regulator merupakan barang penting yang harus ada di dapur. Kedua alat ini berfungsi untuk menyalurkan sekaligus mengatur tekanan gas dari tabung ke kompor. Jika gas tersalurkan dengan baik, maka api kompor yang menyala juga bisa stabil dan berwarna biru.

Pada umumnya, selang dan regulator ini terletak berdekatan dengan kompor dan tabungnya. Namun tidak seperti bagian kompor atau tabungnya, kebersihan selang dan regulator ini kerap luput dari perhatian. Bahkan selang dan regulator sering dibiarkan terlalu lama dalam kondisi kotor.

Padahal selang dan regulator tabung gas bisa jadi kotor atau bahkan menghitam seiring pemakaian. Kotoran tersebut berasal dari berbagai macam noda, mulai dari debu, cipratan minyak, atau bahkan sisa masakan. Selain itu, posisi peletakan yang cenderung lembap membuat selang dan regulator ini sering berlumut.

Noda di selang dan regulator tabung gas yang telanjur hitam dan berlumut ini perlu dibersihkan dengan bahan khusus. Biasanya sejumlah orang akan menggunakan sitrun dan air panas untuk mengangkat noda tersebut. Cairan ini dipercaya bisa membantu melunturkan noda membandel pada selang dan regulator.

Namun sebenarnya ada bahan lain yang juga bisa digunakan, lho. Seorang pengguna YouTube EK TV CHANEL pernah membagikan tutorial yang dipakai untuk membersihkan selang dan regulator tabung gas. Dalam video tersebut, dia mengaku memakai cara dan bahan sederhana yang ada di dapur.

"Cara ini sangat mudah dan cuma 3 menit langsung bersih," ujar YouTube EK TV CHANEL.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya