Tak perlu mixer, ini trik cepat suwir ayam agar waktu dan hemat tenaga pakai 1 alat sederhana

Tak perlu mixer, ini trik cepat suwir ayam agar waktu dan hemat tenaga pakai 1 alat sederhana
foto: TikTok/@virgierolettaa;TikTok/@ummu_balqis_haura

Brilio.net - Daging ayam merupakan salah satu bahan makanan yang kerap digunakan sebagai lauk dalam beberapa kreasi masakan di berbagai belahan dunia. Banyaknya kreasi masakan yang bisa diolah dari daging ayam membuatnya jadi pilihan yang populer di berbagai budaya kuliner. Selain itu, daging ayam juga dikenal memiliki tekstur yang lembut dan mudah diolah, sehingga cocok untuk berbagai metode memasak, mulai dari digoreng, direbus, dipanggang, hingga dijadikan sup atau tambahan dalam salad.

Salah satu olahan daging yang sering digunakan adalah dalam bentuk suwir. Dalam beberapa masakan, seperti sup, soto, atau aneka tumisan biasanya menggunakan daging ayam yang sudah disuwir. Tentu sebelumnya, daging ayam ini sudah direbus atau dikukus terlebih dahulu agar lebih mudah disuwir.

Penggunaan daging ayam suwir ini pada dasarnya membuat olahan ayam lebih mudah disantap. Selain itu, bumbu yang dipakai bisa meresap lebih sempurna. Sayangnya, ada satu kekurangan yang kerap dialami banyak orang saat hendak membuat olahan ayam suwir, yakni ketika hendak menyuwir dagingnya.

Menyuwir daging ayam biasanya dilakukan secara manual dengan tangan. Namun karena dinilai ribet dan memakan waktu cukup banyak, ada yang kemudian menggunakan alat khusus, seperti portable chicken shredder (alat suwir atau cincang daging) atau mixer. Sejumlah alat ini memang bisa mempermudah proses suwir ayam.

Namun jika kamu kesulitan mendapatkan alat tersebut, tenang saja, ada trik lain yang bisa dilakukan untuk suwir daging ayam agar lebih hemat waktu dan tenaga. Nah, trik ini pernah dibagikan oleh pengguna TikTok @ummu_balqis_haura. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku hanya menggunakan satu alat sederhana.

(brl/jad)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya