Tak perlu presto, ini cara merebus ayam kampung agar juicy dan empuk dalam 20 menit

Tak perlu presto, ini cara merebus ayam kampung agar juicy dan empuk dalam 20 menit
foto: TikTok/@mardatillahika

Brilio.net - Ada dua jenis ayam yang populer di kalangan penggemar kuliner, yakni ayam broiler dan kampung. Ayam kampung sering jadi pilihan untuk dimasak di rumah karena disebut-sebut lebih sehat. Pasalnya, ayam kampung diternak secara bebas, bukan dibiarkan di dalam kandang. Hal ini bikin ayam bisa tumbuh sehat karena bisa berkeliaran ke mana-mana.

Di sisi lain, biasanya ayam kampung hanya diberi pakan organik dan tanpa diberi obat penggemuk berbahan kimia. Dari segi rasa, ayam kampung juga dikenal lebih gurih, lho. Kamu bisa membuat ayam kampung jadi ayam goreng, ayam bakar, sup ayam, tongseng ayam, dan masih banyak lagi. Penggemar ayam pasti nggak bisa menolak masakan dari ayam kampung ini.

Namun, banyak orang masih bingung soal cara pengolahan ayam kampung karena tekstur dagingnya cenderung keras. Nggak heran, banyak orang memilih merebusnya pakai panci presto terlebih dahulu sebelum diolah jadi masakan favorit masing-masing. Tetapi, kalau kamu tak ada panci presto, jangan buru-buru khawatir karena ada satu trik merebusnya biar cepat empuk, nih.

Trik ini dibagikan oleh warganet di akun TikTok @mardatillahika. Menurutnya, kunci merebus ayam kampung biar cepat empuk ada pada teknik penambahan air. Selain empuk, trik ini juga bisa bikin daging ayam kampung jadi lebih juicy, lho. Lantas, intip gimana triknya di halaman berikut, yuk.

"Cara tradisional empukkan ayam kampung tanpa presto!! Dijamin empukkkkk," ujar pemilik akun TikTok @mardatillahika, dikutip BrilioFood pada Senin (13/11).

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya