Cukup 10 menit, ini trik ungkep ayam supaya bumbu meresap, antialot, dan tahan lama disimpan

Cukup 10 menit, ini trik ungkep ayam supaya bumbu meresap, antialot, dan tahan lama disimpan
foto: TikTok/@nneagatha

Brilio.net - Ayam merupakan salah satu bahan makanan yang kerap dipilih sebagai lauk makan. Memang jenis protein hewani satu ini memiliki rasa yang enak. Tak hanya itu, proses pengolahannya juga cukup mudah karena bisa dimasak dengan berbagai macam metode, seperti rebus, kukus, goreng, atau panggang.

Karena bisa dimasak dengan berbagai metode, menu olahan ayam ini pun jadi sangat variatif. Di antara banyaknya menu olahan, ayam goreng menjadi salah satu favorit banyak orang. Ayam goreng ini bahkan kerap jadi menu andalan karena rasanya yang enak dan cocok disantap dengan berbagai macam sayur.

Dilihat dari proses pembuatannya, ayam goreng memang tidak langsung digoreng begitu. Ada proses marinasi yang harus dilakukan supaya rasa ayam lebih gurih. Nah, marinasi ini dilakukan dengan cara mengungkep ayam bersama sejumlah bumbu rempah dan penyedap.

Pada dasarnya, ada banyak sekali cara untuk mengungkep ayam. Tapi sebagian besar orang biasanya memilih metode rebus saat mengungkep ayam. Proses ini dinilai dapat membuat bumbunya meresap sempurna ke dalam daging ayam.

Walaupun begitu, mengungkep dengan cara rebus juga punya kekurangan tersendiri, lho. Pertama, proses merebus membutuhkan waktu cukup lama, yakni mencapai 30-40 menit. Kedua, merebus juga bisa membuat tekstur ayam jadi alot saat digoreng. Selain itu, jika durasinya kurang pas, ayam yang dihasilkan justru hancur dan tak bisa digoreng.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya