Bukan direbus, ini trik ungkep ayam agar bumbu meresap dan empuk dalam 15 menit

Bukan direbus, ini trik ungkep ayam agar bumbu meresap dan empuk dalam 15 menit
foto: TikTok/@misjasjisjus

Brilio.net - Ayam menjadi salah satu bahan makanan yang selalu bisa diolah jadi berbagai macam masakan. Ada banyak sekali menu yang terbuat dari daging ayam. Salah satunya adalah ayam goreng ungkep. Menu satu ini kerap dijadikan lauk andalan banyak orang. Karena selain enak, ayam goreng juga mudah dibuat.

Pengungkepan daging ayam ini biasanya bertujuan untuk membuat teksturnya jadi lebih lembut. Lantas ketika digoreng, ayam tidak akan mengeluarkan darah dan bisa matang sempurna. Oleh sebab itu, mengungkep ayam jadi tahapan yang penting dalam membuat ayam goreng.

Namun selain agar matang, mengungkep ayam juga bertujuan untuk meningkatkan cita rasa pada daging ayam sendiri. Jadi daging ayam akan diungkep dengan sejumlah bumbu rempah khas Nusantara. Lantas saat diungkep, bumbu tersebut akan meresap ke bagian dalam daging ayam dan membuatnya jadi semakin gurih.

Biar makin praktis dan cepat kamu bisa menggunakan bumbu dasar kuning. Kamu juga bisa membelinya di e-commerce di bawah ini.

Pada umumnya, mengungkep ayam dilakukan dengan metode rebus. Merebus ayam dengan bumbu ini bisa mempermudah bumbu masuk dan meresap ke bagian dalam daging. Namun proses ini sebenarnya tidak sesederhana yang dibayangkan, lho.

Merebus ayam dengan bumbu juga bisa membutuhkan waktu yang lama. Minimal butuh waktu 30-40 menit untuk membuat teksturnya jadi empuk. Durasi perebusan yang lama tentu bikin boros gas dan waktu memasak.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya