Tak perlu ditaburi tepung, ini trik menggoreng ayam agar tak meletup dan lengket di wajan

Tak perlu ditaburi tepung, ini trik menggoreng ayam agar tak meletup dan lengket di wajan
foto: YouTube/Mira Libras

Brilio.net - Ayam goreng termasuk salah satu menu olahan ayam yang paling mudah dibuat. Hanya dengan bumbu-bumbu sederhana, ayam goreng ini bisa jadi lauk makan yang bikin nagih. Bahkan selain untuk lauk, ayam goreng juga kerap disantap dengan saus sebagai camilan gurih.

Dalam membuat menu satu ini, biasanya daging ayam akan dimarinasi atau diungkep terlebih dahulu dengan bumbu. Proses ini akan membuat daging ayam jadi lebih gurih hingga ke bagian dalam. Tak hanya itu, marinasi atau mengungkep ayam ini juga dapat membuatnya mudah digoreng.

Walaupun begitu, menggoreng ayam kerap menjadi tantangan tersendiri bagi banyak orang. Bukan tanpa sebab, permukaan ayam yang lembek membuatnya mudah lengket di wajan saat digoreng. Tak hanya itu, bagian dalam ayam yang lembap berpotensi membuat daging jadi meletup saat dimasukkan ke dalam minyak panas.

Untuk menghindari hal tersebut, biasanya sejumlah orang akan menggunakan trik khusus. Misalnya dengan menaburkan tepung ke dalam minyak panas yang dipakai untuk menggoreng ayam. Penggunaan tepung ini dipercaya bisa menyerap kandungan air berlebih yang bikin ayam meletup saat digoreng.

Sayangnya dalam beberapa kasus, penambahan tepung masih membuat ayam jadi lengket di wajan. Alhasil, ayam yang digoreng justru hancur dan bentuknya pun nggak sempurna. Jika sudah begini, tentu ayam goreng yang hendak disantap jadi kurang menggugah selera.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya