Tanpa pakai jeruk nipis, ini cara jitu menghilangkan sisa darah dan bau amis daging ayam

Tanpa pakai jeruk nipis, ini cara jitu menghilangkan sisa darah dan bau amis daging ayam
YouTube/Dapur Moochies TV

Brilio.net - Daging ayam bisa jadi menu masakan andalan setiap hari. Pasalnya, daging ayam cocok untuk diolah jadi berbagai hidangan lezat. Contohnya ada ayam bakar, ayam goreng, ayam teriyaki, ayam katsu, sup ayam, ayam tim, ayam oven, dan masih banyak lagi.

Selain lezat, daging ayam juga kaya akan manfaat untuk tubuh, lho. Dilansir dari webmd.com, daging ayam memiliki protein yang cukup tinggi untuk membantu mengontrol berat badan ideal dan menurunkan risiko penyakit jantung. Di sisi lain, daging ayam juga bagus untuk otak karena kadar asam amino triptofannya juga tinggi.

Nah, usai membeli ayam di pasar, seperti daging hewani lainnya, ayam pun biasanya harus dibersihkan dan dimarinasi dengan berbagai bahan terlebih dahulu agar tak amis dan darahnya hilang. Bahan yang sering dipakai adalah jeruk nipis. Namun, selain pakai jeruk nipis, ada cara lain yang nggak kalah ampuh untuk menghilangkan sisa darah dan bau amis daging ayam ini, lho.

Cara ini pernah dibagikan oleh warganet bernama Aisya lewat sebuah unggahan di akun YouTube pribadinya Dapur Moochies TV. Aisya sendiri dikenal gemar dengan segala hal soal dapur, masak, sampai bikin kue, lho. Nah, menurutnya, cara membersihkan daging ayam ini cocok dipraktikkan saat ingin masak ayam yang tanpa ungkep.

"Dengan cara yang seperti ini, ayamnya itu khusus untuk ayam yang langsung digoreng, nggak ada ungkep-ungkep dulu. Jadi dihilangkan darahnya, karena ada darahnya jadi amis, apalagi kalau nggak matang," jelas pemilik akun YouTube Dapur Moochies TV, dikutip BrilioFood pada Minggu (2/4).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya