Tanpa asam jawa dan daun jambu biji, ini trik ampuh hilangkan rasa pahit bunga pepaya

Tanpa asam jawa dan daun jambu biji, ini trik ampuh hilangkan rasa pahit bunga pepaya
YouTube/Maria Ulfah

Brilio.net - Ada banyak hasil tanaman pepaya yang bisa dimanfaatkan. Selain buah dan daunnya, bunga pepaya juga kerap dikonsumsi sebagai menu makan. Sama seperti daunnya, bunga pepaya ini biasa disantap sebagai menu sayur untuk makan berat.

Bunga pepaya bisa dimasak jadi berbagai macam menu. Salah satunya adalah ditumis dengan bawang merah, bawang putih, dan cabai untuk jadi menu tumis sederhana. Tumis bunga pepaya ini semakin lezat disantap dengan nasi putih hangat, lho.

Tapi jika ingin menyantap bunga pepaya, pastikan kamu mengolahnya dengan benar karena bunga pepaya punya rasa yang pahit. Rasa pahit ini berasal dari getah bunga pepaya yang mengandung enzim papain. Nah, getah inilah yang harus dihilangkan agar bunga pepaya tidak pahit.

Untuk mengatasi hal tersebut, sejumlah orang biasanya merebus bunga pepaya bersama sejumlah bahan tambahan. Salah satunya adalah asam jawa dan daun jambu biji. Kedua bahan ini dipercaya mampu mengurangi rasa pahit dari bunga pepaya.

Sayangnya, merebus bunga pepaya dengan dua bahan tersebut tidak sepenuhnya menghilangkan rasa pahit. Biasanya masih ada sisa getah yang menempel di bunga pepaya dan membuat rasanya tetap pahit. Nggak heran jika banyak orang masih enggan mengolah dan mengonsumsi bunga pepaya.

Tapi tak perlu khawatir, ada trik yang lebih ampuh dalam menghilangkan rasa pahit bunga pepaya. Trik ini pernah dibagikan oleh pengguna YouTube bernama Maria Ulfah. Dalam salah satu video yang diunggah, dia mengaku menggunakan dua bahan tambahan saat merebus bunga pepaya.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya