Tanpa bahan tambahan, ini trik menanak nasi agar tidak bau dan cepat basi cuma pakai 1 alat sederhana

Tanpa bahan tambahan, ini trik menanak nasi agar tidak bau dan cepat basi cuma pakai 1 alat sederhana
Instagram/@rumahedukasiakila

Brilio.net - Nasi jadi makanan pokok kebanyakan masyarakat Indonesia. Hal inilah yang membuat kegiatan menanak nasi jadi aktivitas sehari-hari. Agar praktis, kamu bisa menanak nasi dengan mengandalkan rice cooker.

Cara menanak nasi pakai rice cooker terbilang praktis. Tinggal masukkan beras yang sudah dicuci bersih ke panci rice cooker, tambahkan air dengan takaran sesuai selera. Lalu tutup dan tekan tombol "cook" di rice cooker. Setelah matang, buka rice cooker. Tampak nasi sudah matang sempurna dan siap untuk disantap.

Meski terlihat mudah, namun terkadang hasil nasi yang ditanak dengan rice cooker justru mengeluarkan bau tidak sedap. Usut punya usut, hal ini bisa disebabkan karena panci rice cooker yang digunakan dalam keadaan kotor.

Nggak cuma itu, sebagian orang juga mendapatkan hasil nasinya justru berair. Nasi pun jadi nggak tahan lama, sehingga cepat basi. Nasi yang telanjur basi tentu tidak bisa lagi dimakan, mau nggak mau kamu cuma bisa membuangnya begitu saja.

Nah, supaya nasi tidak cepat berair dan bau, sebenarnya kamu bisa menambahkan berbagai bahan tambahan ke dalam panci rice cooker saat menanak nasi. Bahan yang sering dipakai adalah minyak goreng, jeruk nipis, dan cuka. Penambahan bahan tersebut dianggap bisa membuat hasil nasi lebih pulen dan tahan lama.

Tapi nggak melulu pakai bahan tambahan, ternyata ada cara lain yang bisa digunakan untuk menanak nasi. Caranya sempat ditunjukkan oleh pengguna Instagram @rumahedukasiakila. Di unggahan videonya, warganet ini tidak sama sekali menaruh bahan apapun saat menanak nasi. Meski begitu, nasi yang dihasilkan tidak bau dan awet tahan lama.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya