Pakai 1 alat, wanita ini punya trik supaya nasi tak kering dan berkerak meski seharian di rice cooker

Pakai 1 alat, wanita ini punya trik supaya nasi tak kering dan berkerak meski seharian di rice cooker
foto: TikTok/@indomihsoto_

Brilio.net - Nasi adalah salah satu makanan pokok yang paling umum dikonsumsi di seluruh dunia, terutama di Asia. Sebagai sumber karbohidrat yang penting, nasi menjadi bagian integral dari banyak budaya kuliner dan tradisi makan. Ketersediaannya yang melimpah, kemudahan dalam memasak, dan fleksibilitas dalam penyajiannya membuat nasi menjadi favorit dalam berbagai hidangan, mulai dari hidangan sederhana hingga hidangan yang lebih istimewa.

Di Indonesia sendiri, kemudahan dalam menanak nasi ini didukung dengan adanya rice cooker. Selain bisa menghasilkan nasi yang pulen dan matang sempurna, rice cooker juga kerap digunakan untuk menyimpan nasi yang sudah matang. Usut punya usut, nasi yang disimpan di rice cooker cenderung tahan lama.

Meskipun begitu, ada dampak lain dalam menyimpan nasi di rice cooker. Jika dibiarkan dalam mode warm (menghangatkan) terus menerus, nasi bisa jadi kering dan berkerak. Padahal kondisi nasi yang seperti ini cenderung tidak layak dikonsumsi, sehingga bikin porsinya berkurang.

Untuk mencegah hal tersebut, kamu bisa menggunakan trik yang dibagikan seorang wanita Rani. Melalui akun TikTok @indomihsoto_, Rani mengaku hanya menggunakan satu alat sederhana untuk mencegah nasi kering dan berkerak meski seharian di rice cooker. Nah, alat ini bisa dengan mudah didapat di rumah, lho.

Dilansir BrilioFood pada Senin (1/4), alat yang dimaksud adalah serbet atau kain lap yang bersih. Namun sebelum menggunakan alat tersebut, kamu harus menanak nasi seperti biasa di rice cooker terlebih dahulu. Untuk takaran airnya bisa disesuaikan dengan tingkat kepulenan nasi yang diinginkan, ya.

Pakai 1 alat, wanita ini punya trik supaya nasi tak kering dan berkerak meski seharian di rice cooker

foto: TikTok/@indomihsoto_

(brl/lea)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya