Tanpa baking soda, begini cara bikin dadar jagung yang renyah dan tak menyerap banyak minyak

Tanpa baking soda, begini cara bikin dadar jagung yang renyah dan tak menyerap banyak minyak
foto: YouTube/Mbok Midut

Brilio.net - Banyak orang menganggap bahwa dadar jagung sama dengan bakwan dan perkedel jagung. Sekilas, bentuknya memang mirip. Namun sebenarnya cara mengolahnya berbeda, lho. Dadar jagung dibuat dari jagung yang diblender sampai halus. Sedangkan bakwan jagung justru menggunakan jagung pipil utuh. Berbeda lagi dengan perkedel yang jagungnya hanya dihaluskan sebagian saja.

Berbeda cara membuat, tentu bisa beda juga hasil dan teksturnya. Karena jagungnya dihaluskan seluruhnya, dadar jagung cenderung punya tekstur yang lembut. Namun masih kalah renyah dibandingkan bakwan dan perkedel jagung.

Untuk meningkatkan kerenyahan, sejumlah orang biasanya akan menambahkan baking soda. Bahan satu ini nggak cuma bisa merenyahkan adonan dadar jagung, tapi juga bikin hasilnya nggak berminyak, lho. Pasalnya, adonan dadar jagung cenderung lebih mudah menyerap minyak saat digoreng.

Tapi penambahan baking soda ini juga bisa mengubah rasa, lho. Terkadang adonan dadar jagung bisa jadi pahit jika takaran baking sodanya tidak pas. Oleh sebab itu, sebagian orang lebih memilih menggunakan alternatif lain.

Jika tidak ingin menggunakan baking soda, kamu bisa meniru tutorial membuat dadar jagung yang dibagikan oleh pengguna YouTube Mbok Midut. Melalui salah satu unggahannya, dia juga menerapkan sejumlah trik supaya dadar jagung buatannya bisa renyah dan nggak berminyak walau tanpa menggunakan baking soda.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya