Tanpa cetakan khusus ote-ote, ini cara cepat bikin adonan bakwan goreng yang bentuknya rapi

Tanpa cetakan khusus ote-ote, ini cara cepat bikin adonan bakwan goreng yang bentuknya rapi
foto: YouTube/Ceceromed Kitchen

Brilio.net - Gorengan sering dijadikan camilan oleh banyak masyarakat di berbagai momentum. Misalnya saat perayaan hajatan, berbuka puasa, atau sekadar buat jadi menu sarapan dan ngemil sehari-hari sambil minum kopi maupun teh. Jenis gorengan sendiri bervariasi abis, sehingga nggak bikin bosan siapa saja yang menyantapnya. Misalnya, ada pisang goreng, singkong goreng, pisang molen, cakwe, ubi goreng, onde-onde, tahu isi, tempe, sampai bakwan.

Nah, salah satu gorengan tersebut, yakni bakwan, sepertinya jadi favorit kebanyakan orang, ya? Rasa gurihnya adonan tepung dan renyahnya isian sayur di dalamnya bikin nagih banget saat dikunyah.

Gorengan yang juga kerap disebut ote-ote di daerah Jawa Timur ini juga acapkali beraroma nikmat karena ditambahkan potongan daun bawang yang banyak. Namun, banyak yang gagal saat mencoba bikin gorengan satu ini lho, terutama dalam membentuk adonannya saat hendak digoreng. Bukannya membentuk bulat, bakwan justru ambyar dan penampilannya kurang cantik.

Kalau kamu masih pemula soal mengolah adonan bakwan, tak perlu khawatir karena ada satu trik yang bisa dicoba di rumah. Trik bikin adonan bakwan biar rapi ini sempat dibagikan lewat sebuah unggahan oleh warganet di akun YouTube Ceceromed Kitchen. Menurutnya, alih-alih mencetak bakwan pakai cetakan khusus atau sendok sayur, trik yang ia bagikan ini jauh lebih cepat dan praktis.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya