Tanpa cuka dan baking soda, begini cara menghilangkan noda kuning di talenan plastik

Tanpa cuka dan baking soda, begini cara menghilangkan noda kuning di talenan plastik
foto: TikTok/@dusdusanofficial

Brilio.net - Talenan seringkali digunakan sebagai alas untuk memotong berbagai bahan makanan, seperti sayur, bumbu dapur, hingga daging. Selain untuk alas memotong, talenan terkadang dijadikan sebagai wadah sementara bahan makanan yang akan dimasak. Oleh sebab itu, talenan jadi peralatan memasak yang wajib ada di dapur.

Di pasaran, kamu bisa menemukan talenan yang dijual dengan bentuk dan bahan yang beragam. Salah satu perbedaan yang paling mencolok bisa dilihat dari bahannya. Ada talenan yang terbuat dari kayu ataupun plastik. Keduanya memang punya kelebihan masing-masing. Namun karena lebih murah dan ringan, talenan plastik kerap jadi pilihan banyak orang.

Talenan plastik bisa dipakai untuk memotong apa pun, termasuk rempah dapur seperti kunyit. Tapi perlu diketahui bahwa noda kuning dari kunyit biasanya akan lebih mudah menempel di talenan plastik. Terlebih warna talenan plastik yang didesain lebih cerah, sehingga noda kuning ini akan semakin terlihat sekalipun hanya sedikit.

Sayangnya, noda kunyit di talenan plastik ini seringkali susah dibersihkan, lho. Saat talenan dicuci dengan sabun cuci piring biasa, noda kuning terlebih biasanya masih menempel dan bikin permukaan talenan tampak kotor. Hal ini tentu akan jadi masalah tersendiri karena nodanya bisa mengontaminasi bahan makanan yang dipotong di talenan tersebut.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya