Tanpa diampelas, trik emak-emak bersihkan kerak gosong di pantat panci ini cukup tambah 3 bahan dapur

Tanpa diampelas, trik emak-emak bersihkan kerak gosong di pantat panci ini cukup tambah 3 bahan dapur
foto: TikTok/@aqeelaaqeel5

Brilio.net - Panci biasa digunakan untuk memasak aneka hidangan seperti sup, mi instan, bubur kacang hijau, kolak, dan lain sebagainya. Panci yang sudah sering digunakan biasanya bagian bawah atau pantatnya gosong. Bahkan, tak jarang noda gosong tersebut menebal dan menumpuk jadi kerak membandel.

Kalau sudah terdapat noda kerak gosong di pantat panci, pastinya panci akan sulit dikembalikan jadi kinclong lagi. Makanya banyak orang mencoba membersihkannya dengan ampelas. Ampelas biasanya punya tekstur cukup kasar, sehingga mudah melunturkan kerak gosong saat alat ini digosokkan pada pantat panci.

Tetapi, berbeda dengan emak-emak di akun TikTok @aqeelaaqeel5. Ia mengaku punya trik bersihkan kerak gosong di pantat panci yang lebih sederhana, yakni mengandalkan bahan-bahan dapur. Jadi, meskipun tak diampelas, panci penuh kerak gosong tetap bisa disulap jadi kinclong lagi.

Bahan yang harus disiapkan yaitu pasta gigi. Oleskan pasta gigi secara merata ke seluruh permukaan pantat panci. Setelah itu, tambahkan sabun cuci piring dan soda kue (baking soda) secukupnya. Yup, sabun cuci piring dan soda kue ini merupakan dua dari tiga bahan dapur inti untuk mempraktikkan trik ini.

Lalu, oleskan sampai sabun cuci piring dan soda kue merata ke seluruh pantat panci. Tak sampai situ saja, pemilik akun TikTok @aqeelaaqeel5 juga menambahkan sedikit bubuk sitrun (citric acid) dan meratakannya kembali.

(brl/lea)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya