Tanpa diberi garam, ini trik simpel merebus jantung pisang agar warnanya tak menghitam

Tanpa diberi garam, ini trik simpel merebus jantung pisang agar warnanya tak menghitam
foto: YouTube/resep simbok

Brilio.net - Pohon pisang merupakan salah satu jenis pohon yang hampir seluruh bagiannya memiliki manfaat, mulai dari daunnya yang sering digunakan sebagai alas pembungkus makanan hingga buahnya yang lezat untuk dikonsumsi. Selain daun dan buah, jantung pisang juga bisa dikonsumsi, lho.

Bagian dari pohon pisang ini biasa dimasak sebagai tumisan atau diolah menjadi sayur bersantan. Rasa jantung pisang yang lezat bisa menggugah selera makan. Apalagi jika jantung pisang dimasak dengan berbagai bumbu yang membuat rasanya semakin gurih dan nikmat.

Namun sebelum diolah bersama bahan makanan lainnya, jantung pisang harus melewati proses perebusan terlebih dahulu agar matang dan empuk. Selain itu, proses perebusan juga bertujuan untuk menghilangkan getah yang terdapat di jantung pisang. Meski prosesnya terlihat mudah, namun ternyata merebus jantung pisang terbilang susah-susah gampang, lho.

Pasalnya jika tidak direbus dengan tepat, jantung pisang akan berubah warna menjadi kehitaman. Hal tersebut disebabkan karena getah jantung pisang yang keluar saat diiris. Untuk mengatasi hal tersebut, ada sebuah trik yang bisa kamu coba lho untuk membuat jantung pisang tetap putih setelah direbus.

(brl/far)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya