Tanpa diberi telur dan diuleni, ini cara bikin donat lebih empuk, tak keriput, dan mengembang sempurna

Tanpa diberi telur dan diuleni, ini cara bikin donat lebih empuk, tak keriput, dan mengembang sempurna
TikTok/@mawarsw_

Brilio.net - Donat merupakan camilan yang disukai berbagai kalangan, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Umumnya, donat dijual di pasar tradisional, swalayan, hingga toko kue.

Bahkan saat ini, donat sudah hadir dengan berbagai bentuk dan topping. Pilihannya pun beragam, mulai dari meses, glaze, berbagai jenis buah, dan lainnya.

Kamu pun bisa mencoba membuat donat sendiri di rumah, lho. Karena cara membuat donat tidak serumit yang dibayangkan. Selama kamu menggunakan takaran bahan yang tepat, tidak akan gagal.

Donat terkenal memiliki tekstur empuk bagian dalamnya dan sedikit garing luarnya. Nah, tekstur empuk tersebut berasal dari campuran telur pada adonan donat. Karena telur dianggap sebagai pengemulsi antara air dan margarin, adonan pun lebih cepat kalis. Lantas kamu nggak memerlukan waktu lama untuk menguleni adonan donat.

Namun ternyata, nggak melulu harus pakai telur kalau mau membuat tekstur donat kian empuk. Bahkan kamu nggak harus selalu menguleni adonan donat, lho.

Cara lain tersebut sempat diperlihatkan oleh pengguna TikTok @mawarsw_. Di unggahan videonya, meski tanpa diberi telur dan nggak pakai diuleni, hasil donat tetap empuk, tak keriput, dan mengembang sempurna.

"Hasilnya menul-menul dan lembutbanget loh bestie," ujarnya, dikutip BrilioFood dari TikTok @mawarsw_ pada Kamis (16/11).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya