Tanpa direndam air panas atau cucian beras, ini trik goreng ikan teri agar makin renyah dan antialot

Tanpa direndam air panas atau cucian beras, ini trik goreng ikan teri agar makin renyah dan antialot
YouTube/Mummy & Daughter Cookbook

Brilio.net - Ikan teri merupakan salah satu ikan laut yang berukuran kecil. Biasanya jenis ikan ini dikonsumsi sebagai lauk. Rasanya gurih dan harganya yang terjangkau membuat ikan teri kerap dipilih sebagai menu makan sehari-hari.

Pada dasarnya, ada banyak sekali olahan yang terbuat dari ikan teri. Salah satu menu yang paling populer adalah ikan teri goreng. Selain bisa disantap langsung, teri goreng juga dapat diolah lagi dengan berbagai macam bumbu, seperti diberi bumbu balado atau dimasak dengan aneka sambal.

Berbagai macam olahan teri goreng ini akan semakin lezat jika tekstur terinya renyah. Namun menghasilkan teri yang bertekstur renyah kerap menjadi tantangan tersendiri bagi banyak orang. Bukan tanpa sebab, teri termasuk ikan yang rentan alot saat digoreng. Saat diolah atau dikonsumsi langsung, teri goreng yang alot tentu akan sulit dicerna dan dapat menurunkan nafsu makan.

Demi menghindari hal tersebut, banyak orang kemudian mencari berbagai macam cara. Ada yang kemudian merendam ikan teri terlebih dahulu di air panas atau air cucian beras selama beberapa menit. Selain itu, ada juga yang memilih membaluri ikan teri dengan tepung kering. Sejumlah metode tersebut dinilai dapat membuat tekstur teri jadi lunak, sehingga akan semakin renyah saat digoreng.

Namun selain dengan sejumlah metode tersebut, sebenarnya ada trik lain yang nggak kalah ampuh untuk merenyahkan ikan teri. Trik ini pernah dibagikan oleh pengguna YouTube Mummy & Daughter Cookbook. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku menggunakan metode yang lebih cepat dan praktis.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya