Tanpa didiamkan semalaman, trik emak-emak bersihkan bunga es freezer ini cepat cuma pakai 1 alat

Tanpa didiamkan semalaman, trik emak-emak bersihkan bunga es freezer ini cepat cuma pakai 1 alat
Instagram/@lia_melisa91

Brilio.net - Munculnya bunga es di freezer adalah fenomena yang umum terjadi dan biasanya disebabkan karena tingginya kelembapan dalam freezer. Bunga es ini bisa menjadi masalah jika terlalu tebal karena dapat mengurangi ruang penyimpanan dan mengganggu kinerja freezer. Tak hanya itu, bunga es yang menumpuk juga berpotensi membuat dinding freezer rusak, sehingga suhu di dalamnya jadi tak stabil.

Pada dasarnya, penyebab utama dari munculnya bunga es di freezer adalah perbedaan suhu yang drastis. Di mana kelembapan udara di dalam freezer mengembun lalu membentuk kristal es. Hal ini biasanya terjadi ketika freezer sering dibuka dan ditutup, atau saat makanan yang masih panas dimasukkan ke freezer. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kelembapan dan suhu di dalam freezer agar tetap stabil.

Idealnya, langkah pencegahan harus dilakukan supaya bunga es yang muncul tidak menumpuk, seperti menutup freezer dengan baik dan tak memasukkan makanan panas ke dalamnya. Namun jika kamu telanjur mendapati bunga es di freezer telah menumpuk, sebaiknya bersihkan dengan segera.

Dalam beberapa kasus, sejumlah orang biasanya akan mencabut kabel kulkas dan membiarkan freezer dalam kondisi terbuka selama berjam-jam. Metode ini dilakukan untuk membuat bunga es mencair dengan sendirinya. Meskipun ampuh, namun cara tersebut cenderung merepotkan karena butuh waktu lama, bisa sampai berjam-jam atau bahkan semalaman. Tentu hal ini juga bisa berdampak pada bahan makanan yang disimpan karena justru akan cepat busuk jika tidak diletakkan dalam freezer.

Jika kamu sering menemui masalah seperti itu, tak perlu khawatir, ada trik yang bisa dilakukan untuk mempersingkat pembersihan bunga es. Trik ini pernah dibagikan oleh pengguna Instagram @lia_melisa91. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku hanya mengandalkan satu alat sederhana dalam mencairkan dan membersihkan bunga es.

Tanpa didiamkan semalaman, trik emak-emak bersihkan bunga es freezer ini cepat cuma pakai 1 alat

foto: Instagram/@lia_melisa91

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya