15 Cara mencairkan bunga es freezer, praktis pakai alat dan bahan sederhana

15 Cara mencairkan bunga es freezer, praktis pakai alat dan bahan sederhana
Mudah dipraktikkan |

2. Disemprot pakai botol spray berisi air panas.

15 Cara mencairkan bunga es freezer, praktis pakai alat dan bahan sederhana

foto: YouTube/EK TV CHANEL

Ada sebuah trik membersihkan bunga es freezer dalam 10 menit saja. Trik ini dibagikan oleh akun YouTube EK TV CHANEL. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku hanya menggunakan satu alat sederhana.

Dilansir BrilioFood, alat sederhana yang dimaksud adalah botol spray. Jadi botol spray ini cukup diisi dengan air panas. Setelah itu, langsung semprotkan air panas ini ke bunga es.

Agar air panas bisa bekerja maksimal, semprotkan ke celah-celah bunga es dan dinding freezer. Hal ini akan membuat bunga es yang menempel di dinding jadi mencair. Saat es di dinding mencair, maka bongkahan bunga esnya akan langsung jatuh atau mudah diambil.

Nah, lakukan proses ini sampai bunga es benar-benar terlepas dari dinding freezer dan bisa dibersihkan dengan mudah, ya. Dalam video tersebut, pengguna YouTube EK TV CHANEL mengaku hanya membutuhkan waktu 10 menit untuk membersihkan bunga es yang tebal.

Jika bunga esnya sudah hilang, jangan lupa lap dan bersihkan freezer secara menyeluruh. Pastikan tidak ada sisa air yang menggenang untuk meminimalisir timbulnya bunga es lagi.

3. Dicairkan pakai kipas angin selama 1 jam.

15 Cara mencairkan bunga es freezer, praktis pakai alat dan bahan sederhana

foto: TikTok/@resepvindi

Warganet di akun TikTok @resepvindi mengaku rutin melakukan trik mencairkan bunga es freezer ini setidaknya 1 bulan sekali. Rutinitas ini bukan hanya bikin kulkasnya selalu kinclong, tapi juga lebih awet. Trik ini juga hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam, lho.

Vindi menjelaskan, kamu tak perlu mencabut saluran listrik kulkas sama sekali, cukup atur suhunya jadi paling tinggi, lalu keluarkan semua isi kulkas terlebih dahulu. Selanjutnya, letakkan kipas angin persis di depan rak freezer. Yup, kipas angin inilah jadi alat utama untuk mempraktikkan trik mencairkan bunga es ini.

Selagi diangin-anginkan dengan kipas angin, nantinya bunga es akan mencair dengan cepat dan berjatuhan ke rak di bagian bawah lemari freezer. Setiap 2 atau 10 menit sekali, keluarkan rak tersebut untuk membuang airnya. Saat bunga es semakin menipis, kamu bisa langsung mencabutnya satu per satu.

"Ini tuh belum 1 jam tapi esnya udah tinggal segini," imbuh Vindi.

Setelah seluruh bunga es dibersihkan, seka seluruh bagian dalam kulkas dengan kain bersih sampai tak ada lagi sisa tetesan air. Jika sudah kering, turunkan kembali suhu kulkas dan kembalikan semua bahan makanan dan minuman ke dalamnya.

4. Dibersihkan pakai centong nasi dan palu.

15 Cara mencairkan bunga es freezer, praktis pakai alat dan bahan sederhana

foto: YouTube/Naura AP Official

Kamu bisa meniru yang dilakukan oleh pengguna YouTube Naura AP Official. Di awal video, ia menunjukkan penampakan freezer es krimnya yang sudah dipenuhi bunga es di bagian dalamnya.

Untuk membersihkannya, warganet ini sama sekali tak menyiram larutan garam ataupun mengarahkan kipas angin ke dalam freezer. Melainkan, ia hanya menggunakan satu alat dapur, yakni centong nasi.

"Jadi ini fungsinya untuk ngeleburin bunga esnya ini. Cuma harus milih centong nasi yang lumayan tebal biar nggak patah," jelas pemilik video.

Setelah itu, buka bagian tutup freezer. Ambil dan keluarkan es krim yang ada di dalamnya. Kalau sudah, tekan-tekan bunga es dengan centong nasi. Namun karena teksturnya keras, ia akhirnya menggunakan alat tambahan, yakni palu.

"Ini untuk membantu membukanya kita pukul-pukul pakai palu. Baru kita bersihkan sisanya pakai centong nasi," ucap pemilik akun.

Bunga es yang berhasil lepas akhirnya jatuh ke dasar freezer. Kumpulkan jadi satu lalu sisihkan ke dalam ember. Lakukan proses yang sama ke seluruh bagian dalam freezer.

Setelah beberapa waktu, bunga es yang awalnya menempel di bagian dalam freezer pun berkurang. Bahkan dalam video tampak bunga es yang dikumpulkan sebanyak satu ember penuh, lho.

Karena sudah terbebas dari bunga es, ruang freezer pun tampak bersih dan semakin luas.

5. Dicairkan pakai air hangat dan pisau roti.

15 Cara mencairkan bunga es freezer, praktis pakai alat dan bahan sederhana

foto: YouTube/Zulaikha pratiwy

Warganet di akun YouTube Zulaikha pratiwy mengaku punya cara lain untuk mencairkan bunga es yang nggak kalah efektif. Usut punya usut, ia hanya membutuhkan satu bahan sederhana untuk membantunya membersihkan bunga es di freezer.

"Kalau misalkan kita membersihkannya dengan mencabut colokan, kemudian dibiarkan seharian, itu juga bisa. Tapi itu terlalu lama," tegasnya, dikutip BrilioFood dari YouTube Zulaikha pratiwy.

Jadi, bahan yang dibutuhkan yakni air hangat. Masukkan air hangat tersebut ke dalam botol spray atau semprotan, kemudian semprotkan airnya ke bunga es, dimulai dari bagian pinggir freezer kulkas. Nantinya, pinggiran bunga es akan meleleh secara perlahan dan bongkahan bunga es bisa ditarik menggunakan tangan.

"Untuk bunga es yang gede, udah tebal banget, biasanya lebih mudah, berbeda dengan bunga es yang masih kecil-kecil itu malah susah, dia nempel ke lapisan kulkasnya," jelas warganet akrab disapa Zulaikha ini.

Lakukan hal yang sama ke seluruh bagian bunga es di freezer. Zulaikha juga menjelaskan, jika bongkahan bunga es sulit dicabut dengan tangan, kamu bisa menggunakan bantuan pisau roti. Pisau jenis ini aman digunakan di kulkas karena tak tajam, sehingga tak berisiko merusak lapisan kulkas.

Jika seluruh bunga es sudah hilang, langsung seka seluruh area kulkas menggunakan kain atau lap bersih agar tak ada sisa tetesan air ataupun kotoran yang menempel pada kulkas. Kemudian, kulkas pun siap digunakan kembali untuk menyimpan bahan makanan.

6. Dicairkan pakai panci berisi air panas.

15 Cara mencairkan bunga es freezer, praktis pakai alat dan bahan sederhana

foto: TikTok/@meldan1106

Warganet di akun TikTok @meldan1106 mengaku tak membutuhkan kipas angin atau hair dryer sama sekali, melainkan hanya satu bahan sederhana. Pertama, cabut dulu saluran listrik kulkas dan keluarkan semua isi freezer kulkas.

Kemudian, siapkan panci berisi air dan rebus hingga mendidih. Yup, air panas inilah yang jadi bahan utama untuk menerapkan trik mencairkan bunga es ini.

Selagi menunggu air mendidih, kamu bisa meletakkan serbet atau lap bersih di dalam lemari freezer. Serbet ini nantinya akan jadi alas untuk meletakkan panci supaya tak bersentuhan langsung dengan freezer, jadi tetap aman. Kalau airnya sudah mendidih, langsung pindahkan panci berisi air panas tersebut ke atas serbet yang sudah ditaruh di freezer.

"Cek secara berkala selama 5 atau 10 menit sekali," kata pemilik akun TikTok @meldan1106, dikutip BrilioFood.

Warganet akrab disapa Meldan ini mengatakan, hanya dalam 5 menit, bunga es di freezernya sudah banyak yang mencair. Sementara itu, ada beberapa bongkahan es yang juga sudah bisa dikeluarkan dari freezer. Kalau masih ada sisa bunga es, tinggal lanjutkan proses mendiamkan panci berisi air panas di dalam freezer.

Terakhir, saat freezer kulkas sudah benar-benar bersih dari bunga es, langsung seka semua sisinya dengan lap atau kain yang kering. Jika sudah, kembalikan semua stok bahan makanan ke dalam freezer dan sambungkan lagi saluran listriknya.

7. Pakai hairdryer dan alat pengeruk bunga es.

15 Cara mencairkan bunga es freezer, praktis pakai alat dan bahan sederhana

foto: YouTube/Nikmatul Rosidah

Sebenarnya ada metode lain yang lebih ampuh dalam membersihkan bunga es. Bahkan tanpa harus mencairkannya terlebih dahulu, bunga es ini bisa dibersihkan dengan mudah. Hal ini pernah dibagikan oleh pengguna YouTube bernama Nikmatul Rosidah melalui salah satu video yang diunggah.

Dilansir BrilioFood dari YouTube Nikmatul Rosidah, Nikmatul menggunakan alat berupa hairdryer. Nah, hairdryer ini digunakan hanya untuk melelehkan es yang menempel di dinding freezer. Dengan begitu, proses pembersihan bunga es akan semakin cepat.

Lebih jelasnya, pastikan semua makanan dan minuman sudah dikeluarkan dari freezer. Setelah itu, matikan mesin freezernya. Jika sudah, siapkan hairdryer dan ice scraper atau alat pengeruk bunga es.

"Banyak yang melakukan dengan benda tajam, seperti pisau makan. Itu sebenarnya tidak boleh. Jadi temen-teman harusnya pakai ice scraper, jadi bawaan dari freezernya, ya," ungkap YouTube Nikmatul Rosidah.

Selanjutnya, nyalakan hairdryer dan arahkan ke sela-sela dinding freezer yang penuh bunga es. Jika esnya sudah dirasa agak meleleh, langsung tekan dan keruk bunga es dengan ice scraper tadi. Dan benar saja, bunga es yang menempel di dinding freezer bisa langsung rontok dalam sekejap.

Nah, bunga es yang sudah rontok bisa langsung dibuang begitu saja. Lalu lanjutkan proses pengikisan bunga es dengan bantuan hairdryer. Dengan metode ini, freezer bisa langsung bersih dalam waktu 10 menit saja.

Terakhir, lap freezer dengan kain. Pastikan tidak ada area yang basah atau tergenang air. Dengan begitu, freezer bisa langsung dipakai lagi untuk menyimpan berbagai macam makanan atau minuman.

8. Dicairkan pakai botol plastik bekas.

15 Cara mencairkan bunga es freezer, praktis pakai alat dan bahan sederhana

foto: YouTube/YouTube Wans69 YouTube

Warganet di akun YouTube Wans69 YouTube punya alat lain yang jauh lebih sederhana dari ampas dapur. Meski sederhana, tetapi alat ini tak kalah ampuh untuk membersihkan bunga es, lho.

Alat yang biasa digunakan warganet di akun YouTube Wans69 YouTube untuk membersihkan bunga es freezer yakni botol plastik bekas. Isi dulu botol tersebut dengan air bersih sampai penuh. Kamu bisa menggunakan air suhu ruang ataupun air hangat. Usut punya usut, air hangat bikin proses membersihkan bunga es lebih cepat, lho.

Setelah botol diisi dengan air, pasangkan tutupnya sampai rapat, lalu lubangi tutupnya untuk menyemprotkan air ke bunga es nantinya. Proses melubangi tutup botol bisa dilakukan dengan pisau ataupun paku, seperti yang dilakukan oleh warganet di akun YouTube Wans69 YouTube ini.

Nah, sebelum membersihkan bunga es freezer, sebaiknya keluarkan dulu semua stok bahan makanan yang ada di kulkas supaya tidak basah. Selain itu, saluran listrik kulkas juga sebaiknya dicabut untuk mencegah risiko tersetrum.

Selanjutnya, langsung semprotkan air dari dalam botol tersebut ke bunga es. Nantinya, air yang jatuh dari freezer kulkas bisa diseka sesekali menggunakan kain ataupun kanebo agar tidak bikin lantai dapur jadi banjir. Terus semprotkan air dari dalam botol sampai bongkahan bunga es bisa dilepaskan dari freezer.

"Kalau disemprot gini lebih cepat bersihnya," tegas pemilik akun YouTube Wans69 YouTube, dikutip BrilioFood.

Kalau semua bunga es sudah hilang dari freezer, tinggal lap seluruh sisi freezer hingga tak basah lagi. Kulkas pun bisa digunakan kembali untuk menyimpan stok bahan makanan.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya