15 Cara mencairkan bunga es freezer, praktis pakai alat dan bahan sederhana

15 Cara mencairkan bunga es freezer, praktis pakai alat dan bahan sederhana
foto: YouTube/Zulaikha pratiwy

Brilio.net - Freezer kulkas pada dasarnya mengandung uap air. Saat uap air tersebut bertemu dengan suhu freezer yang rendah, maka muncullah bunga es di seluruh permukaan freezer.

Bunga es sering menjadi permasalahan yang cukup menyebalkan. Pasalnya, jika jumlahnya banyak dan menumpuk, bisa menimbun bahan makanan yang disimpan di dalam freezer. Selain itu, bunga es juga bisa membuat pintu freezer sulit ditutup rapat.

Maka dari itu, bunga es perlu dibersihkan secara berkala. Sebagian orang biasanya membiarkan bunga es mencair agar lebih mudah dibersihkan. Hal ini dilakukan dengan mencabut daya listrik kulkas. Selain cara tersebut, kamu juga bisa mencairkannya dengan bantuan alat dan bahan sederhana yang ada di rumah, seperti menggunakan air hangat, hairdryer, hingga kipas angin.

Nah, buat kamu yang ingin mencairkan bunga es, berikut BrilioFood rangkum dari berbagai sumber pada Rabu (6/3), 15 cara mencairkan bunga es freezer pakai alat dan bahan sederhana.

1. Disiram pakai air panas, lalu dicairkan pakai kipas angin.

15 Cara mencairkan bunga es freezer, praktis pakai alat dan bahan sederhana

foto: TikTok/@lia_melisa91

Seorang pengguna TikTok @lia_melisa91 pernah membagikan tentang trik cepat mencairkan bunga es. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku hanya menggunakan alat sederhana yang ada di rumah. Walaupun begitu, bunga es bisa mencair dengan cepat. Freezer pun kembali bersih.

"Cukup 15 menit, bunga es di freezer hilang," kata TikTok @lia_melisa91.

Dilansir BrilioFood dari akun TikTok @lia_melisa91, hal pertama yang harus dilakukan adalah mencabut kabel kulkas dari steker atau stop kontaknya. Setelah itu, keluarkan semua bahan makanan yang disimpan di freezer. Intinya, pastikan freezer kosong, ya.

Jika sudah, langsung siram setiap sisi freezer dengan air panas secara perlahan. Lakukan proses penyiraman dengan merata, ya. Jika sudah, nyalakan kipas angin dengan kecepatan tinggi dan posisikan tepat di depan freezer yang terbuka.

Nah, kipas angin ini akan membuat bunga es semakin mencair cepat. Namun agar area kulkas lain tidak basah karena genangan air, pastikan kamu meletakkan kain di bawah freezer dan di bawah kulkas, ya. Dengan begitu, bunga es yang mencair akan langsung terserap ke kain tersebut dan bikin kulkas nggak banjir.

Ketika bunga es sudah mencair, jangan lupa lap bagian freezernya. Lalu pastikan freezer benar-benar kering. Barulah kemudian nyalakan kembali kulkas lalu naikkan suhu freezer. Dengan begitu, freezer bisa digunakan kembali untuk menyimpan bahan makanan.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya