Tanpa digosok atau direbus, ini trik bersihkan kerak air di bagian dalam teko pakai 1 bahan dapur

Tanpa digosok atau direbus, ini trik bersihkan kerak air di bagian dalam teko pakai 1 bahan dapur
YouTube/Herniva Herdie

Brilio.net - Pada dasarnya, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat air panas. Kamu bisa memanfaatkan panci sebagai wadah air kemudian dimasak di atas kompor. Selain itu, ada juga teko yang bisa dipakai untuk merebus air dengan menggunakan energi listrik.

Teko listrik kini sering digunakan karena dianggap lebih praktis. Tapi biasanya teko ini hanya dipakai untuk merebus air putih saja, bukan air dengan campuran teh atau kopi. Bukan tanpa sebab, jenis teko ini cenderung mudah berkerak di bagian dasarnya, lho.

Kerak ini berasal dari sisa rebusan air yang dibiarkan dalam waktu lama. Sayangnya, kerak air dalam teko listrik ini cenderung sulit dibersihkan. Karena terlalu lengket, sikat dan sabun cuci piring saja tidak ampuh membersihkan noda tersebut.

Teko listrik dengan kualitas bagus kini banyak jenisnya. Bagi kamu yang sedang mencari teko listrik, sebaiknya sebelum membeli perhatikan ukuran dan bahan dari teko tersebut. Berikut rekomendasi teko listrikberkualitas dengan harga terbaik.

Untuk mengatasi masalah ini, sebagian orang biasanya akan menggunakan sejumlah bahan, mulai dari sitrun, baking soda, cuka, hingga pemutih. Sejumlah bahan tersebut lantas dicampur dengan air dan dimasukkan ke dalam teko. Nah, campuran bahan itu kemudian akan direbus sampai mendidih.

Dengan metode tersebut, kerak membandel dapat terangkat. Namun sisa dari bahan pembersihkan justru menempel dan bahkan meninggalkan residu atau bau. Jika bahan yang dipakai adalah bahan alami, hal tersebut memang bukan masalah. Tapi jika bahan kimia seperti pemutih, sisa residunya malah mengontaminasi air yang direbus dalam teko tersebut.

Supaya lebih mudah dan aman, kamu bisa menggunakan trik dan bahan lain, lho. Seorang pengguna YouTube bernama Herniva Herdie pernah membagikan trik sederhana membersihkan kerak air di bagian dalam teko listrik miliknya. Siapa sangka, dia tidak menggosok atau merebus sejumlah bahan dalam teko tersebut. Walaupun begitu, teko yang dibersihkan bisa kinclong dan bebas kerak.


(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya