Tanpa dikukus terlebih dahulu, ini cara menyimpan tahu agar awet di kulkas

Tanpa dikukus terlebih dahulu, ini cara menyimpan tahu agar awet di kulkas
Jangan habis beli langsung disimpan seplastik-plastiknya |

Sebagai solusinya, sebagian orang menyimpan tahu ke dalam kulkas. Nggak disimpan asal, tahu pun biasanya dikukus terlebih dahulu agar lebih tahan lama. Usut punya usut, ternyata ada cara menyimpan tahu di kulkas yang lebih praktis. Cara ini ditunjukkan oleh pengguna YouTube MIMO NHAJ OFFICIAL.

Di salah satu videonya, ia menunjukkan bagaimana cara menyimpan tahu di kulkas dengan cara yang benar. Dengan cara ini, dijamin tahu yang disimpan tidak akan mengalami perubahan rasa serta tekstur meski disimpan dalam waktu yang lama.

Terlebih, jika kamu menggunakan kulkas dua pintu yang sudah memisahkan makanan beku dan sayuran. Untuk kamu yang sedang mencari kulkas dua pintu yang hemat listrik, cek rekomendasi di bawah ini!

Di awal video, perempuan ini menunjukkan cara penyimpanan tahu yang salah. Biasanya kebanyakan orang akan langsung menyimpan tahu yang dikemas dalam plastik di rak kulkas.

“Ya, ini caranya salah, ya. Kalau simpennya kayak gini cuma bisa bertahan 2 hari. Itu pun di hari kedua warnanya udah kekuningan dan rasanya nggak enak lah,” ujarnya dikutip BrilioFood dari YouTube MIMO NJAH OFFICIAL pada Sabtu (18/2).

Tanpa dikukus terlebih dahulu, ini cara menyimpan tahu agar awet di kulkas

foto: YouTube/MIMO NHAJ OFFICIAL

Nah, cara penyimpanan tahu yang benar adalah dengan mengeluarkannya terlebih dahulu dari plastik kemasannya. Cuci bersih seluruh permukaan tahu dengan menggunakan air mengalir. Sekaligus, langsung pindahkan tahu satu per satu ke dalam wadah atau box.

Tanpa dikukus terlebih dahulu, ini cara menyimpan tahu agar awet di kulkas

foto: YouTube/MIMO NHAJ OFFICIAL

Jika dirasa sudah bersih dan semua tahu sudah masuk ke dalam wadah, tambahkan air dengan takaran 1/2 dari tinggi wadah tersebut. Tutup rapat wadah tersebut, dan masukkan ke dalam kulkas.

“Menyimpannya dalam kulkas jangan ada kesalahan. Simpan di laci paling atas, kalau kita simpan di sini akan bertahan selama 14 hari,” ucapnya.

Tanpa dikukus terlebih dahulu, ini cara menyimpan tahu agar awet di kulkas

foto: YouTube/MIMO NHAJ OFFICIAL

Saat mempraktikkan cara ini, jangan lupa untuk sesekali mengecek dan mengganti air rendaman pada tahu, ya. Kamu bisa menggantinya rutin saat air rendaman tampak sudah berubah warna. Tips ini disampaikan pemilik akun saat pengguna YouTube lain bertanya.

“Walaikum salam. Sesuai kualitas air dirumah aja kakak. Kalo pake airnya bener2 misal Aqua galon bersih gak perlu tiap hari ganti . 5hari 1 x bisa baru diganti kalo mau diganti,” ujarnya.

Dengan menggunakan cara ini, dijamin tahu akan lebih tahan lama tanpa berlendir maupun menjadi asam. Saat ingin mengolahnya menjadi masakan, tahu tinggal dikeluarkan dari dalam wadahnya saja. Sangat praktis, kan caranya?

Video milik YouTube MIMO NHAJ OFFICIAL ini pun sontak menyita perhatian warganet. Semenjak diunggah pada Juli 2019 lalu, video ini sudah ditonton sebanyak 268 ribu kali dan disukai oleh 1,7 ribu akun YouTube lainnya.

“Mantap Bu..Trima kasih ilmu nya. Regues Bu cara simpan santan biar awet,” tulis akun YouTube Kuntoro 123.

“Sangat bemanfaat sekali buat jualan jika tak habis hehehe,” ujar akun YouTube Feni Widyawati.

“Terima kasih infonya, bermanfaat untuk kondisi karantina seperti sekarang,” sahut akun YouTube Riantz.

“Terima ksh mba tips nya, semangat untk tips berikutnya,” ucap akun YouTube Titing Nurhayati.

“Makasih info nya sangat bermanfaat buat saya,” tulis akun YouTube Jurnia Watii.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya