Tanpa direbus, ini cara mengungkep ayam agar bumbu meresap dan empuk dalam 15 menit

Tanpa direbus, ini cara mengungkep ayam agar bumbu meresap dan empuk dalam 15 menit
YouTube/Tini Simorangkir

Brilio.net - Baik ayam goreng atau ayam bakar, akan terasa nikmat jika bumbunya meresap hingga ke dalam. Untuk mendapat hasil seperti itu, daging ayam biasanya perlu diungkep terlebih dahulu. Proses ini dilakukan supaya ayam matang dan bumbu yang digunakan meresap hingga dalam.

Umumnya mengungkep ayam dilakukan dengan cara direbus. Jadi, daging ayam akan direbus dengan bumbu rempah selama beberapa menit sampai empuk. Selain bumbunya meresap, daging ayam yang sudah matang akan lebih mudah digoreng atau dibakar nantinya.

Sekilas, mengungkep ayam memang tampak mudah. Namun sebenarnya ada teknik tertentu yang harus diperhatikan agar hasil ungkepan bisa maksimal. Pasalnya, mengungkep ayam bisa bikin tekstur daging mudah hancur saat dimasak kembali. Atau bahkan sebaliknya, daging ayam masih alot karena belum matang sempurna.

Jika sering mengalami masalah tersebut, kamu bisa meniru sebuah tutorial sederhana mengungkep ayam yang dibagikan oleh warganet bernama Tini Simorangkir. Melalui channel YouTube pribadinya, Tini mengaku menggunakan metode lain dalam mengungkep ayam. Metode yang biasa ialakukanini bikin daging ayam cepat empuk dan teksturnya nggak mudah hancur, lho.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan RM Cut Nyak, cita rasa otentik Aceh yang nikmat banget

    Jalan Makan RM Cut Nyak, cita rasa otentik Aceh yang nikmat banget

  • Jalan Makan Salt and Sizzle, makan steak harga Rp2 Juta per kg

    Jalan Makan Salt and Sizzle, makan steak harga Rp2 Juta per kg

  • Jalan Makan Baharat Chicken, makan ayam panggang terjuicy ala Timur Tengah dengan keju berlimpah

    Jalan Makan Baharat Chicken, makan ayam panggang terjuicy ala Timur Tengah dengan keju berlimpah

Review

Selengkapnya