Tanpa direndam air berjam-jam, trik cuci tungku kompor berkerak dan penuh lemak pakai 2 bahan dapur

Tanpa direndam air berjam-jam, trik cuci tungku kompor berkerak dan penuh lemak pakai 2 bahan dapur
foto: TikTok/@tri_suwarti03

Brilio.net - Salah satu bagian dapur yang paling rentan kotor adalah kompor. Bukan tanpa sebab, aktivitas memasak yang dilakukan di kompor membuatnya kerap terkena cipratan minyak dan noda masakan. Semakin lama dibiarkan begitu saja, kompor bisa jadi tampak kumuh dan kurang nyaman digunakan.

Idealnya, kompor memang harus selalu dibersihkan sesaat setelah memasak. Namun bagian yang dibersihkan biasanya hanya di permukaan, atau di bodi kompor saja. Sedangkan bagian lain seperti tungku kerap diabaikan dan dibiarkan kotor begitu saja.

Padahal jika ditilik lebih lanjut, tungku kompor ini kerap menampung banyak sekali tumpahan masakan yang jatuh dari alat masak. Selain itu, paparan api kompor juga memperparah hal tersebut. Noda yang terbakar semakin lama bisa menjadi kering dan berkerak. Nah, kerak ini akan sulit dibersihkan, apalagi jika permukaannya penuh lemak.

Yup! Lemak dan kerak menjadi noda yang cenderung sulit dibersihkan. Oleh sebab itu, banyak orang menggunakan cara khusus, seperti merendam tungku kompor dalam air panas. Ada juga yang memilih merendamnya berjam-jam atau semalaman agar keraknya bisa luntur.

Namun alih-alih membuang waktu demi menunggu tungku kompor yang direndam, sebenarnya ada metode lain yang lebih hemat waktu, lho. Metode ini pernah diterapkan oleh pengguna TikTok @tri_suwarti03. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku hanya memerlukan waktu 30 menit saja untuk membuat kerak dan lemak di tungku kompor bisa luntur.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya