Tanpa direndam air panas atau diberi cuka, ini trik bersihkan kerak di tungku kompor pakai 1 bahan

Tanpa direndam air panas atau diberi cuka, ini trik bersihkan kerak di tungku kompor pakai 1 bahan
YouTube/Asnye Journey

Brilio.net - Tungku kompor punya peran penting untuk masak, yakni menjaga posisi wajan atau panci tetap stabil meski masakan sedang diaduk. Namun, tungku pulalah yang sering jadi sasaran empuk tetesan minyak atau bahan masakan lain berjatuhan. Alhasil, tungku yang semula kinclong bisa jadi licin maupun berkerak. Oleh sebab itu, kamu perlu rajin membersihkan tungku kompor, ya.

Karena tungku yang dibiarkan kotor akan terlihat jelek dan riskan berkarat, lho. Jika sudah berkarat, bisa-bisa tungku kompor jadi rapuh dan rusak. Kalau nodanya masih sedikit, biasanya tungku kompor bisa langsung dibersihkan pakai spons atau kain basah dan sabun cuci piring saja. Tetapi, beda cerita kalau nodanya sudah berkerak.

Seringkali, untuk membersihkan noda kerak pada tungku kompor, orang-orang memanfaatkan baking soda serta cuka. Kedua bahan ini dikenal ampuh untuk mengangkat noda kerak di tungku kompor. Tetapi, kalau kamu tak punya stok kedua bahan tersebut di rumah, jangan bingung dulu karena masih ada bahan lain yang bisa dimanfaatkan.

Seperti warganet di akun YouTube Asnye Journey wanita ini mengaku ada satu bahan sederhana yang semua orang pasti memilikinya di rumah untuk digunakan membersihkan tungku kompor. Trik membersihkan noda kerak di tungku kompor ala warganet akrab disapa Asnye ini juga simpel banget karena tungku kompor tak perlu direndam sama sekali.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya