Tanpa direndam air panas, begini trik bersihkan tungku kompor berkerak cuma pakai 3 bahan dapur

Tanpa direndam air panas, begini trik bersihkan tungku kompor berkerak cuma pakai 3 bahan dapur
Instagram/@mamiemanda

Brilio.net - Sebagian besar kompor di dapur biasanya didesain dengan tungku di atasnya. Tungku ini merupakan dudukan yang dipakai untuk menyanggah alat masak, seperti panci, wajan, teflon, dan lainnya. Biasanya tungku kompor terletak di atas burner kompor dan berbentuk seperti tatakan.

Nah, karena fungsi tersebut, tungku kompor ini jadi komponen yang mudah sekali kotor karena terkena berbagai macam noda dari masakan. Hal ini lantas diperparah ketika noda tersebut terkena paparan api kompor, yang kemudian membuatnya jadi kering dan berkerak. Semakin lama dibiarkan, tentu tungku kompor bisa jadi hitam karena penuh kotoran membandel.

Untuk mengatasi hal tersebut, tungku kompor memang harus dibersihkan secara rutin. Namun jika telanjur berkerak tebal, perlu trik tertentu untuk membersihkannya. Umumnya orang akan mencuci tungku kompor dengan cara merendamnya dalam air panas agar keraknya lunak dan mudah dibersihkan.

Alih-alih merendamnya terlebih dahulu, kamu bisa menggunakan metode lain yang lebih cepat dan praktis. Trik bersihkan tungku kompor berkerak ini pernah dibagikan oleh pengguna Instagram @mamiemanda. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku hanya mengandalkan tiga bahan dapur untuk membersihkan tungku kompor berkerak.

(brl/psa)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya