Tanpa direndam semalaman, ini cara lunturkan kerak gosong di pantat wajan cuma tambah 1 bahan dapur

Tanpa direndam semalaman, ini cara lunturkan kerak gosong di pantat wajan cuma tambah 1 bahan dapur
foto: YouTube/Creative Ae

Brilio.net - Wajan jadi salah satu peralatan dapur yang hampir setiap hari digunakan. Nggak cuma untuk menggoreng saja, sejumlah orang sengaja menggunakan wajan untuk merebus, menumis, hingga memanggang masakan, lho.

Di luaran sana, wajan dijual dengan berbagai jenis ukuran dan bahan. Nah, salah satu bahan dasar wajan yang sering dipilih adalah aluminium. Selain harganya murah, wajan berbahan aluminium juga terbilang awet meski digunakan dalam waktu lama.

Sayangnya, karena sering digunakan, wajan cepat sekali kotor. Apalagi bagian bawah (pantat)nya yang langsung terpapar api kompor secara langsung. Alhasil, bagian pantat wajan biasanya dipenuhi kerak gosong berwarna hitam legam.

Untuk membersihkannya, sejumlah orang sengaja merendam wajan ke dalam larutan pembersih. Agar kerak gosong mudah digosok, terkadang wajan harus direndam selama semalaman. Alhasil, wajan nggak bisa dipakai untuk memasak, kan?

Tapi nggak perlu khawatir, karena ada cara lain yang bisa digunakan untuk mencuci pantat wajan berkerak. Caranya sempat ditunjukkan oleh pengguna YouTube Creative Ae. Alih-alih merendam wajan semalaman, ia hanya mengandalkan bahan-bahan sederhana sebagai racikan pembersihnya. Penasaran bagaimana caranya?

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya