Tanpa direndam semalaman, ini trik agar manisan kolang-kaling awet dan tak asam maupun berlendir

Tanpa direndam semalaman, ini trik agar manisan kolang-kaling awet dan tak asam maupun berlendir
foto: YouTube/Yani Susiani

Brilio.net - Kolang-kaling merupakan sebutan untuk buah yang berasal dari pohon aren. Biasanya kolang-kaling digunakan sebagai campuran aneka minuman atau makanan manis, seperti kolak. Tak hanya itu, kolang-kaling juga kerap dimasak jadi manisan yang manis, lembut, dan kenyal.

Seperti membuat manisan pada umumnya, manisan kolang-kaling ini juga dimasak dengan campuran gula sebagai bahan dasarnya. Lantas agar semakin menarik, ada juga yang kemudian menambahkan pewarna makanan agar manisan kolang-kaling semakin menggugah selera.

Namun ada satu hal yang membedakan manisan kolang-kaling dengan manisan lainnya, yakni pada proses pengolahan kolang-kaling. Saat masih mentah, bahan satu ini dikenal memiliki bau asam yang tak sedap. Selain itu, ada lendir yang menyelimuti kolang-kaling. Lendir ini bisa bikin kolang-kaling jadi kurang enak sekaligus cepat basi saat disimpan.

Memang butuh trik khusus saat membuat kolang-kaling agar lebih enak dan awet disimpan. Biasanya sejumlah orang akan merendam kolang-kaling terlebih dahulu sebelum dimasak dengan gula. Tapi bukan direndam air biasa, kolang-kaling harus direndam air cucian beras selama semalaman untuk menghilangkan lendir dan bau asamnya.

Walau metode tersebut memang ampuh, namun tentu kurang efektif jika kamu hendak membuat manisan kolang-kaling secara dalam waktu singkat. Tapi tak perlu khawatir, ada trik lain yang bisa dipraktikkan agar manisan kolang-kaling tak berlendir, asam, dan awet disimpan.

Trik manisan kolang-kaling ini pernah dibagikan oleh pengguna YouTube Yani Susiani. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku hanya mengandalkan satu bahan tambahan supaya manisan kolang-kaling bisa lebih enak.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya