Bukan pakai air cucian beras, ini trik ampuh menghilangkan bau asam kolang kaling

Bukan pakai air cucian beras, ini trik ampuh menghilangkan bau asam kolang kaling
YouTube/Meutia Fitri Yahya

Brilio.net - Dikenal dengan teksturnya yang kenyal, kolang kaling memang sering dimanfaatkan sebagai pelengkap dessert. Mulai dari aneka minuman segar, camilan manis, atau manisan.

Tapi perlu diketahui bahwa di balik kenikmatannya tersebut, proses pengolahan kolang kaling ini terbilang sulit, lho. Bukan tanpa alasan, kolang kaling yang baru dibeli di pasar biasanya memiliki bau asam menyengat. Selain itu, teksturnya juga keras.

Memang saat dijual, kolang kaling akan direndam di dalam air supaya tahan lama. Namun seiring lamanya perendaman, bau asam kolang kaling juga semakin menyengat. Hal inilah yang membuat kolang kaling perlu diolah dengan tepat.

Umumnya, sejumlah orang akan mengolah kolang kaling dengan cara merendam di air cucian beras. Proses ini dipercaya mampu menghilangkan bau asam yang menyengat pada kolang kaling. Selain direndam, ada juga yang merebus kolang kaling bersama dengan rempah untuk menghilangkan bau asam tersebut.

Namun selain dengan cara tersebut, sebenarnya ada trik lain yang nggak kalah ampuh, lho. Seorang pengguna YouTube bernama Meutia Fitri Yahya pernah membagikan triknya melalui video yang diunggah. Menurutnya, cara ini lebih ampuh daripada menggunakan air cucian beras atau hanya direbus saja.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya