Tanpa bahan tambahan, begini cara menghilangkan rasa asam dan bau tak sedap pada kolang kaling

Tanpa bahan tambahan, begini cara menghilangkan rasa asam dan bau tak sedap pada kolang kaling
YouTube/Dapur Stephanie

Brilio.net - Kolang kaling identik dengan hidangan takjil saat bulan Ramadan. Biasanya kolang kaling ini disajikan untuk campuran kolak, es buah, manisan, dan menu lainnya. Rasanya lezat dan teksturnya yang kenyal membuat kolang kaling disukai banyak orang.

Namun di balik kenikmatannya tersebut, ada proses pengolahan yang tidak mudah, lho. Saat baru beli, kolang kaling umumnya punya rasa asam dan bau tak sedap. Tak hanya itu, teksturnya juga cenderung keras sehingga sulit diolah.

Rasa asam dan bau tak sedap kolang kaling ini berasal dari perendaman yang cukup lama. Saat dijual, kolang kaling biasanya akan direndam dalam air supaya tahan lama. Namun semakin lama direndam, kolang kaling justru semakin asam dan baunya pun tidak sedap.

Untuk menghilangkan rasa asam dan bau tak sedap ini, sebagian orang umumnya akan merendam kolang kaling di air cucian beras. Air beras dipercaya mampu menetralisir bau kolang kaling sekaligus menghilangkan lendirnya. Namun, merendam kolang kaling di air cucian beras membutuhkan waktu yang lama, nih.

Pada dasarnya, ada cara yang lebih praktis dan cepat untuk menghilangkan rasa asam dan bau tak sedap kolang kaling. Cara ini pernah dibagikan oleh pengguna YouTube bernama Dapur Stephanie. Melalui salah satu unggahannya, dia menjelaskan dengan detail cara yang biasa dilakukannya saat mengolah kolang kaling.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya