Tanpa disemprot cairan apapun, begini cara aman mengusir semut di makanan secara alami

Tanpa disemprot cairan apapun, begini cara aman mengusir semut di makanan secara alami
foto: YouTube/Mbba al santui; pexels.com

Brilio.net - Umumnya, semut hidup berkoloni untuk mencari makan. Rumah termasuk salah satu wilayah yang sering didatangi semut untuk mencari makan. Jika mendapat makanan, mereka akan berbondong-bondong mengerubungi makanan tersebut.

Adanya semut yang mengerubungi makanan tentu sangat mengganggu. Bukan tanpa sebab, kamu harus membersihkan bahan makanan tersebut dari semut agar lebih layak dikonsumsi. Selain itu, jika telanjur membangun sarang dan bertelur, bisa dipastikan bahwa bahan makanan tersebut tidak layak dikonsumsi.

Masalah seperti itu membuat serangga ini seringkali dianggap sebagai hama yang harus dibasmi. Hingga kini, banyak orang memilih mengusir semut dengan cara membunuh pakai semprotan cairan kimia. Selain itu, ada juga yang memasang perangkap supaya semut-semut bisa mati.

Sebagai alternatif lain, sebagian orang terkadang memilih bahan sederhana yang ada di dapur untuk mengusir semut atau bahkan mencegahnya berdatangan. Misalnya dengan menyemprotkan larutan cuka ke dapur dan beberapa bagian yang sering dilewati semut. Atau ada juga yang menggunakan kopi, bawang putih, dan lada.

Sejumlah bahan tersebut memang ampuh mengusir semut di dapur dan area rumah. Namun tentu kurang efektif jika diterapkan pada semut yang mengerubungi makanan. Bukan tanpa sebab, makanan tersebut bisa terkontaminasi oleh bau atau rasa dari bahan-bahan tersebut.

Tapi jika kamu mengalami kesulitan dalam mengusir semut di bahan makanan, tak perlu khawatir, ya. Seorang pengguna YouTube Mbba al santui pernah membagikan tutorial sederhana dalam mengusir semut di makanan. Tanpa menggunakan cairan atau bahan apapun, semut-semut di makanan bisa pergi dengan sendirinya, lho. Gimana sih, caranya?

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya