Tanpa gula jawa, ini trik memasak ayam bacem yang empuk dan kaya rasa

Tanpa gula jawa, ini trik memasak ayam bacem yang empuk dan kaya rasa
foto: shutterstock.com

Brilio.net - Nggak hanya tempe dan tahu, protein hewani seperti daging ayam juga biasa dibuat bacem. Olahan bernuansa gelap ini memadukan rasa manis legit dan gurih yang memanjakan lidah. Ayam bacem dikenal sebagai salah satu sajian khas Yogyakarta yang identik disajikan bersama gudeg.

Tapi, saat ini ayam bacem juga bisa dihidangkan bersama sambal dan lalapan sebagai pelengkap. Ayam bacem juga cocok dijadikan lauk sarapan maupun disimpan untuk esok hari.

Cara membuat sajian ini sebenarnya cukup mudah. Yakni hampir sama seperti mengungkep ayam pada umumnya. Namun bagi sebagian orang, alih-alih ingin memasak ayam bacem yang empuk ternyata jadinya malah alot. Rupanya ada beberapa triknya agar ayam bacem ini empuk dan kaya rasa.

Apa saja triknya? Yuk kita bahas bersama!

Yang pertama jangan gunakan gula jawa secara bersamaan dengan bumbu. Hal ini untuk menghindari daging ayam menjadi keras. Masak daging ayam hingga setengah lunak, lalu tambahkan gula jawa.

Nah, sebenarnya tanpa gula jawa kamu bisa menggantinya dengan kecap manis, loh. Menambahkan kecap ke dalam masakan tentu saja membuat rasanya jauh berbeda. Tambahan ABC Kecap Manis dan masak dengan api kecil agar ayam bacem mu makin meresap dan nikmat. Pilih kecap yang kental berkualitas terbaik seperti ABC Kecap Manis, kecap otentik dengan sari kedelai terbanyak jadi #GakAsalNgecap.

Tanpa gula jawa, ini trik memasak ayam bacem yang empuk dan kaya rasa

foto: heinzabc

Tak hanya membuat tampilan menggugah selera, dengan kecap otentik ini aroma ayam bacem akan semakin memikat. ABC Kecap Manis, #GakAsalNgecap akan memberikan hasil yang nyata, memungkinkan ibu menyajikan hidangan keluarga yang kaya rasa dan menghabiskannya hingga suapan terakhir.

Trik selanjutnya yakni dengan menggunakan air kelapa. Penggunaan air kelapa pada ayam bacem rupanya bisa membuat daging menjadi empuk setelah digoreng. Terlebih, air kelapa ini juga memberikan rasa manis alami pada ayam.

Masukkan air kelapa bersamaan ketika mencampur bumbu bacem dengan ayam. Biarkan sejenak hingga meresap. Setelah itu, baru goreng hingga matang. Terakhir, sajikan ayam bacem di piring saji. Dijamin, daging ayam akan terasa empuk ketika digigit.

Dua trik di atas bisa jadi rahasiamu membuat masakan jauh lebih menggoda dari sebelumnya. Memasak hidangan yang disukai keluarga nggak perlu repot-repot lagi, deh. Tertarik mencobanya di rumah untuk makan malam nanti? Yuk beli sekarang di warung, supermarket, maupun e-commerce favorit kamu!

Adv.

(brl/lak)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya