Tanpa kopi dan air, begini trik membuat obat nyamuk dari 1 jenis rempah dapur

Tanpa kopi dan air, begini trik membuat obat nyamuk dari 1 jenis rempah dapur
foto: YouTube/Selayang Pandang Channel

Brilio.net - Di antara berbagai macam hama yang sering masuk rumah, nyamuk termasuk salah satunya. Serangga satu ini bahkan bisa jadi sumber penyakit bagi manusia. Dilansir dari portal.ct.gov, nyamuk dapat menampung dan menularkan mikroorganisme (patogen) penyebab penyakit. Jika menggigit kulit manusia, virus tersebut bisa menyebabkan penyakit seperti mual, muntah, demam berdarah, hingga malaria.

Pada dasarnya, ada banyak cara untuk mencegah timbulnya nyamuk. Mulai dari menjaga kebersihan area rumah dan mencegah adanya genangan. Pasalnya, genangan di area rumah menjadi tempat nyamuk berkembang biak dan menyebarkan virus.

Namun jika terlanjur ada nyamuk di rumah, solusi yang kerap dilakukan adalah dengan menyediakan obat nyamuk. Obat nyamuk ini bisa berupa semprotan pembasmi serangga. Selain itu, bisa juga dihilangkan dengan obat nyamuk bakar yang kemudian menghasilkan asap.

Sayangnya, sejumlah obat tersebut umumnya mengandung bahan kimia. Jika terhirup oleh tubuh manusia secara terus menerus, bahan kimia tersebut bisa menimbulkan efek tertentu. Dilansir dari mirchi.in, cara ini berisiko menyebabkan gangguan kesehatan, terutama pada mata, tenggorokan, juga alat pernapasan.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya