5 Cara mengolah serai jadi bumbu bubuk, tahan hingga 6 bulan tanpa pengawet

5 Cara mengolah serai jadi bumbu bubuk, tahan hingga 6 bulan tanpa pengawet
foto: YouTube/Pamas Davinci

Brilio.net - Serai jadi salah satu bumbu rempah satu ini sudah sejak lama digunakan untuk memasak. Nggak cuma bikin masakan enak, serai juga punya sejumlah manfaat untuk tubuh, lho. Dilansir dari webmd.com, serai bisa mencegah pertumbuhan bakteri di dalam tubuh, menyembuhkan demam, menstabilkan kadar gula darah dan kolesterol, mengatasi nyeri, dan lain-lain.

Lantaran punya segudang manfaat, tak salah kalau serai jadi rempah wajib yang dijadikan di rumah. Biasanya, serai yang masih segar hanya bertahan seminggu sampai 10 hari saat disimpan. Nggak hanya disimpan secara utuh, serai juga bisa dijadikan bubuk. Mengolah serai jadi bumbu bubuk bisa jadi salah satu upaya agar tahan lama saat disimpan.

Pasalnya, serai bubuk ini bisa awet hingga enam bulan masa penyimpanannya. Serai bubuk ini bahkan tak hanya bisa dipakai buat masak, tetapi juga untuk dicampurkan pada teh atau minuman lainnya. Dilansir dari floweryprose.com, serai bubuk homemade tanpa bahan pengawet bisa awet selama enam bulan di wadah kedap udara.

Hal tersebut juga sudah dibuktikan salah satu channel YouTube bernama 'Pamas Davinci'. Lewat unggahannya, pemilik channel tersebut membagikan resep dan tutorial membuat serai bubuk rumahan.

"Ini akan bertahan sampai 6 bulanan," jelasnya pada keterangan dalam videonya.

Nah, penasaran kan bagaimana cara membuatnya? Berikut lima cara mengolah serai jadi bumbu bubuk yang tahan hingga 6 bulan tanpa pengawet, dilansir BrilioFood dari YouTube/Pamas Davinci pada Senin (19/12).

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya