Cara mudah menyimpan serai biar nggak mudah kering, tahan lama

Cara mudah menyimpan serai biar nggak mudah kering, tahan lama
foto: TikTok/@kak_atiey

Brilio.net - Masakan bisa jadi tambah lezat lantaran beragamnya bumbu yang digunakan. Selain bumbu yang segar, zaman sekarang pun sudah banyak bumbu kemasan bisa didapat di pasaran. Meski sudah ada bumbu kemasan yang praktis, namun beberapa orang tetap menggunakan rempah-rempah untuk memperkuat rasa masakan.

Umumnya masakan tradisional khas Nusantara pakai bumbu rempah alami yang bikin rasanya begitu nikmat di lidah. Salah satu bumbu rempah yang sering dipakai adalah serai. Rempah satu ini sering jadi bumbu pada pada hidangan soto, tongseng, sambal matah, dan masih banyak lagi.

Bukan hanya sekadar membuat rasa makanan lebih enak, serai ini punya khasiat untuk kesehatan, lho. Dilansir dari webmd.com, serai mengandung sejumlah zat dan antioksidan yang dapat bekerja buat jaga pencernaan lebih sehat, menstabilkan kolesterol dan gula darah, meningkatkan imun, dan lain-lain.

Pantas saja serai tak hanya bisa jadi bumbu masakan, tapi juga sering kali dicampur pada minuman teh herbal. Sering digunakan sehari-hari, serai jadi salah satu rempah wajib buat distok di rumah. Menyimpan serai sebagai stok bumbu dapur di rumah nggak bisa sembarangan. Kalau salah menyimpan serai, bisa-bisa kering, serta rasa dan khasiatnya hilang dalam waktu singkat.

Seorang warga TikTok asal Malaysia bernama Atiey membagikan triknya dalam menyimpan serai agar tahan lama, lho. Mengintip informasi dari video yang diunggah tersebut, dengan cara ini serai akan tetap segar bahkan sampai dua minggu lamanya, lho.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya