Cara mudah kupas kulit jahe tanpa pisau, efektif dan cepat

Cara mudah kupas kulit jahe tanpa pisau, efektif dan cepat
foto: TikTok/@jason_xetex

Brilio.net - Sebagai rempah yang memiliki aroma khas, jahe kerap diandalkan sebagai bumbu masakan atau obat tradisional. Kandungan antioksidan dan sejumlah nutrisi yang ada pada jahe dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh, mengatasi flu, dan masalah kesehatan lainnya.

Selain aromanya yang khas, jahe juga memiliki bentuk berlekuk-lekuk dan rimpang yang tumbuh tak beraturan. Hal tersebut kemudian membuat jahe jadi lebih sulit dikupas. Terlebih, kulit jahe juga cukup tipis sehingga berpotensi membuat dagingnya ikut terbuang karena terkelupas.

Dilansir dari thespruceeats.com, pada dasarnya kulit jahe tidak selalu harus dikupas. Jahe bisa langsung diiris atau digeprek dan digunakan untuk masakan atau minuman hangat. Namun bila terdapat sisa tanah dan kotoran yang masih menempel dan sulit dibersihkan, sebaiknya kulit jahe memang perlu dikupas.

Namun beberapa orang mungkin masih kesulitan saat hendak mengupas kulit jahe, sehingga membuat prosesnya jadi lebih lama. Padahal ada cara simpel yang bisa dipraktikkan dalam mengupas kulit jahe ini. Bukan dengan pisau atau peeler, kulit jahe bisa dikupas hanya dengan sendok, lho. Mengupas kulit jahe akan lebih mudah jika menggunakan alat yang tumpul.

Cara mudah kupas kulit jahe tanpa pisau, efektif dan cepat

foto: TikTok/@jason_xetex

Trik tersebut diperlihatkan oleh pemilik akun TikTok @jason_xetex. Dilansir BrilioFood pada Kamis (1/9), kamu hanya perlu mengikis kulit jahe yang tipis dari atas ke bawah. Kikis kulit jahe hingga tidak ada kulit atau kotoran yang tersisa. Cara ini akan membuat kulit di bagian sela-sela batang jahe pun turut terkelupas.

Nah, jika jahe yang digunakan berukuran kecil, bisa menggunakan sendok teh agar menjangkau kulit di area lipatan atau sela-sela batang jahe. Salah satu kitchen hacks satu ini memang sangat berguna. Tak heran jika kemudian banyak warganet yang turut menanggapi. Di antaranya, ada juga yang menyarankan cara lain.

Cara mudah kupas kulit jahe tanpa pisau, efektif dan cepat

foto: TikTok/@jason_xetex

"Klo gue biasana pake pisau tp dikerok, itu jg efektif," sahut TikTok/@doyanmakan_jkt dalam kolom komentar.

Metode yang digunakan pun tidak jauh berbeda, yakni dengan cara dikikis. Nah, cara mengupas jahe seperti ini juga akan membuat kulitnya terkelupas tanpa ada bagian daging yang terbuang. Jika ingin menghindari bagian daging terbuang, jangan lupa untuk gunakan bagian yang tumpul, ya.

Cara mudah kupas kulit jahe tanpa pisau, efektif dan cepat

foto: TikTok/@jason_xetex

Video yang telah ditonton lebih dari 200 ribu kali ini juga mendapat sejumlah komentar positif dari warganet lain. Tidak sedikit yang baru mengetahui cara cepat dalam mengupas kulit jahe tersebut. Namun aja juga warganet yang mengaku telah menerapkan cara serupa dan terbukti efektif.

@jason_xetex Lagi masa pandemi gini banyakin makan jahe #tiktokpintar #samasamabelajar #ginger #lifehack #tutorial #jahe Tutorial - Kristofer Maddigan

"Gampang banget trnyata," kata akun TikTok/@angelitaliem.

"Mksih tipnya," sahut TikTok/@yanyang313.

"Usefull tips (tips yang sangat berguna)," tulis TikTok/@lekkeridasmr.

"Tx...baru tau nieh," papar TikTok/@henros2.

"Iya aku klu ngupas pakai sendok," ungkap TikTok/@laurensiaendrawati.

Nah, kamu juga langsung mempraktikkan cara ini saat hendak menggunakan jahe. Dijamin, kulit jahe jadi lebih bersih tanpa ada bagian yang terbuang sia-sia.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya