Jarang diketahui, ini trik agar daun jeruk bubuk tidak terlalu pahit

Jarang diketahui, ini trik agar daun jeruk bubuk tidak terlalu pahit
Instagram/@toni.kristiawan

Brilio.net - Daun jeruk purut dikenal memiliki aroma wangi yang khas. Tak heran jika daun jeruk purut ini kerap digunakan sebagai bumbu masakan agar semakin sedap. Selain aromanya yang khas, daun jeruk purut juga kaya nutrisi, lho. Salah satunya adalah mengandung antioksidan yang dapat membantu mencegah berbagai penyakit.

Umumnya, daun jeruk purut digunakan dalam bentuk lembaran aslinya, tanpa diirisi maupun dijadikan bubuk. Namun tidak sedikit juga yang memilih untuk menggunakan daun jeruk purut versi bubuk agar lebih praktis. Daun jeruk purut bubuk sendiri memang memiliki aroma lebih kuat dan bisa disimpan dalam waktu cukup lama.

Meskipun begitu, daun jeruk purut bubuk juga punya kekurangan tersendiri, nih. Biasanya, daun jeruk versi bubuk memiliki rasa yang sangat pahit. Rasa pahit ini berasal dari batang daun jeruk purut yang ikut tergerus saat dihaluskan. Jika dicampur untuk masakan, tentu akan memengaruhi rasa masakan secara keseluruhan.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa menerapkan sebuah trik yang dibagikan oleh pengguna YouTube bernama Hendri. Melalui channel YouTube pribadinya, Hendri membeberkan trik agar daun jeruk purut bubuk tidak terlalu pahit. Menurut Hendri, paling tidak ada dua hal yang bisa dilakukan untuk mencegah hal tersebut.

"Karena yang namanya bubuk daun jeruk purut itu pahit, cuma ini bagaimana tipsnya agar tidak terlalu pahit," ungkapnya, dikutip BrilioFood dari YouTube/Hendri Media pada Rabu (14/12).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya