Cara mengeringkan daun jeruk agar tetap hijau, tanpa sinar matahari dan oven

Cara mengeringkan daun jeruk agar tetap hijau, tanpa sinar matahari dan oven
pixabay.com

Brilio.net - Daun jeruk merupakan salah satu bumbu dapur penting untuk masakan. Biasanya, daun jerukdipakai pada hidangan kari, sambal, nasi liwet, pepes, tumisan ikan, dan masih banyak lagi lainnya. Saking seringnya bumbu satu ini dipakai, membuat sejumlah orang kemudian memilih menanam sendiri pohon jeruk purut di pekarangan rumah. Jika sewaktu-waktu butuh, bisa tinggal petik daunnya.

Namun buat yang nggak punya waktu merawat pohonnya di rumah, kamu bisa membeli daun jeruk di pasar tradisional maupun swalayan dengan harga terjangkau. Nah, supaya tak melulu bolak-balik ke pasar, daun jeruk biasanya diawetkan biar tahan lama saat disimpan untuk stok. Banyak cara untuk menyimpan daun jeruk ini, misalnya dengan mengolahnya jadi bumbu bubuk, dibekukan, sampai dikeringkan.

Ngomong-ngomong soal daun jeruk yang dikeringkan, disebut-sebut rasanya jadi semakin nikmat karena rasa getirnya hilang, lho. Namun biasanya saat daun jeruk sudah mengering, otomatis warnanya mudah berubah jadi kecokelatan atau bahkan hitam. Tapi, salah seorang warganet bernama Vee punya triknya nih untuk mengeringkan daun jeruk biar warnanya tetap hijau.

Vee merupakan salah seorang konten kreator asal Indonesia yang kini tinggal di Australia. Lantaran mencari daun jeruk di sana tak semudah di Indonesia, ia pun sering mengawetkan daun jeruk sendiri di rumah dengan cara mengeringkannya. Cara mengeringkan daun jeruk ala Vee pun cukup simpel. Bahkan tak perlu oven atau sinar matahari sama sekali, lho. Menariknya lagi, selain daun jeruk, cara ini juga bisa diterapkan pada daun salam.

"Kayak gini, cantik, hijau, dan kalau buat masak baunya masih kuat, ini biasanya saya kalau ngeringin daun salam atau daun jeruk yang masih segar, caranya kayak gini," jelas Vee, dikutip BrilioFooddari YouTube/VEE JOURNEY AUSTRALIA pada Sabtu (3/12).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya

Jalan Makan Kedai Roti Ibu Saya, nggak nyangka enaknya pizza cuma Rp 13 ribu

  • Jalan Makan Kedai Skuuy, makan bakso mercon ditambah iga bakar sepuasnya

    Jalan Makan Kedai Skuuy, makan bakso mercon ditambah iga bakar sepuasnya

  • Jalan Makan La Riviera, menikmati makanan Nusantara ditemani suasana Eropa

    Jalan Makan La Riviera, menikmati makanan Nusantara ditemani suasana Eropa

  • Jalan Makan This or That, Martabak Terenak Untuk Jajanan Sore Kamu Yang Mana?

    Jalan Makan This or That, Martabak Terenak Untuk Jajanan Sore Kamu Yang Mana?

Review

Selengkapnya