Tak perlu direndam air, ini trik menyimpan serai biar tetap segar dan nggak mengering hingga 1 bulan

Tak perlu direndam air, ini trik menyimpan serai biar tetap segar dan nggak mengering hingga 1 bulan
YouTube/Dapur Leony

Brilio.net - Serai bisa dimanfaatkan sebagai bumbu seperti pada sambal matah, tumis lauk dan sayur, ayam goreng, atau hidangan lainnya. Namun, rempah satu ini juga banyak digunakan sebagai tambahan aroma pada minuman seperti teh, wedang jahe, dan lain-lain. Serai memang bisa bikin aroma hidangan jadi jauh lebih nikmat.

Bahkan, serai sering pula dijadikan bahan pada pewangi ruangan ataupun lilin dan minyak aromaterapi, lho. Sebab, dilansir dari acdcco.com, harum dari serai ini bisa menurunkan rasa cemas, mengatasi stres, sampai melawan depresi lantaran efeknya dapat membuat tubuh rileks.

Buat yang sering menggunakan serai, pastinya senang menyimpan rempah satu ini di rumah sebagai stok, kan? Tetapi, saat disimpan, kalau belum tahu caranya, serai cenderung mudah kering atau membusuk dalam waktu sebentar saja. Banyak orang menggunakan cara simpan serai direndam air.

Tapi, kalau direndam, serai justru cepat berlendir dan hanya bisa bertahan hingga sekitar 2 minggu saja. Padahal, ada cara lain yang nggak kalah efektif buat menyimpan serai, bahkan hingga 1 bulan lamanya, lho. Nah, salah seorang warganet bernama Leony sempat membagikan pengalamannya seputar menyimpan serai biar tahan lama, nih.

"Biasanya saya membeli serai untuk persediaan saat sewaktu-waktu memerlukannya, namun saat mau memakainya, serai sudah mengering. Meski masih bisa dipakai, namun akan lebih baik jika serai dalam kondisi segar, sehingga aroma lebih tajam, ya," jelasnya, dikutip BrilioFood dari YouTube Dapur Leony pada Jumat (7/4).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya