Trik menyimpan lengkuas agar tetap segar selama 23 hari, simpel tanpa kulkas

Trik menyimpan lengkuas agar tetap segar selama 23 hari, simpel tanpa kulkas
YouTube/Umi Maull

Brilio.net - Lengkuas biasa dipakai untuk bumbu pada aneka hidangan. Contohnya pada ayam goreng, sayur lodeh, sate, ayam rica-rica, dan lainnya. Selain jadi bumbu, rempah satu ini juga kerap dikonsumsi untuk alasan kesehatan karena segudang manfaat di dalamnya.

Dilansir dari healthline.com, lengkuas dikenal sebagai rempah yang kaya antioksidan, bisa melawan kanker, meningkatkan kesuburan, menangkal inflamasi dan rasa nyeri pada tubuh, meningkatkan imunitas, dan lain-lain. Untuk kesehatan, lengkuas biasanya diolah jadi jamu ataupun suplemen.

Buat yang sering memanfaatkan rempah satu ini pada masakan maupun obat herbal, pastinya terbiasa menyimpan lengkuas buat jadi stok di rumah, kan? Namun, banyak yang kebingungan soal cara menyimpannya, nih. Pasalnya, kalau tak disimpan dengan baik, lengkuas bisa cepat busuk, lho.

Nggak melulu di kulkas, lengkuas bisa pula diletakkan di suhu ruang, lho. Cara menyimpan lengkuas di suhu ruang ini sempat dibagikan oleh warganet akrab disapa Maul lewat sebuah unggahan di YouTube pribadinya Umi Maull. Usut punya usut, lengkuas yang disimpan di suhu ruang ini dapat awet selama kurang lebih 3 minggu, lho.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya