Tanpa masuk freezer, ini trik menyimpan santan agar awet dan tak berubah rasa hingga 3 minggu

Tanpa masuk freezer, ini trik menyimpan santan agar awet dan tak berubah rasa hingga 3 minggu
foto: YouTube/Mona stories

Brilio.net - Penikmat kuliner, apalagi hidangan khas Nusantara, pasti sudah sangat familiar dengan santan. Air perasan kelapa ini sering digunakan pada masakan seperti gulai, opor, lodeh, rendang, tongseng, bobor bayam, dan masih banyak lagi. Penggunaan santan pada sejumlah masakan ini ampuh bikin rasanya semakin gurih dan lezat.

Untuk mendapatkan santan pun nggak melulu harus memarut langsung dari buah kelapa. Melainkan, kamu sudah bisa mendapatkan santan yang dikemas secara instan dan banyak dijual di pasaran. Tetapi, seringkali orang-orang menghindari pakai santan instan ini lantaran rasanya disebut-sebut tak senikmat santan segar atau murni.

Meski dianggap lebih lezat, tapi santan murni ini punya kekurangannya tersendiri, yaitu jangka waktu untuk menyimpannya lebih singkat. Pasalnya, santan murni diproses tanpa menambahkan bahan pengawet apa pun, sehingga cepat basi apabila tidak disimpan dengan baik. Makanya banyak orang memilih menyimpannya dengan cara dibekukan di freezer agar bisa bertahan lama.

Namun, ternyata ada cara menyimpan santan yang hasilnya nanti nggak kalah tahan lama walaupun tanpa dibekukan, lho. Sehingga, buat yang sering tak sabaran menunggu santan cair, cara menyimpan santan satu ini bisa dipraktikkan di rumah.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya