Tanpa minyak, ini trik menanak nasi agar tak cepat basi meski disimpan di rice cooker sampai 3 hari

Tanpa minyak, ini trik menanak nasi agar tak cepat basi meski disimpan di rice cooker sampai 3 hari
TikTok/@cookingwithdiii

Brilio.net - Hampir setiap hari masyarakat mengonsumsi nasi sebagai menu makan utama. Biasanya nasi biasa disantap bersama aneka sayur atau lauk pauk yang lezat.

Tak hanya cocok disantap dengan aneka menu sayur atau lauk, nasi juga termasuk bahan makanan yang mudah dimasak.

Nah, kebanyakan orang akan memanfaatkan rice cooker untuk menanak nasi. Alat elektronik satu ini memang terbilang praktis. Karena prosesnya jadi lebih cepat dan hasilnya pun cenderung pulen.

Walaupun begitu, menanak nasi dengan rice cooker ini terkadang memiliki kendala tersendiri, lho. Pasalnya, rice cooker juga sering dijadikan tempat penyimpanan nasi yang sudah matang. Padahal, hal tersebut dapat membuat nasi jadi cepat basi dan bau.

Dalam waktu kurang dari 24 jam saja, nasi bisa basi dan tidak layak dikonsumsi. Hal ini memang lumrah terjadi karena adanya uap yang terperangkap di dalam rice cooker. Nah, uap yang kemudian jatuh ke permukaan nasi inilah membuatnya cepat basi dan bau.

Untuk mengatasi hal tersebut, sebagian orang biasanya akan menggunakan bahan tambahan. Dalam hal ini, minyak goreng menjadi salah satu bahan yang sering digunakan.

Nah, minyak goreng sendiri dinilai dapat membuat nasi jadi pulen dan tak cepat basi. Namun nasi yang diberi tambahan minyak goreng ini biasanya hanya akan bertahan maksimal 2 hari.

Jika ingin memperpanjang masa simpannya, kamu bisa menilik video yang dibagikan oleh pengguna TikTok @cookingwithdiii. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku punya trik sendiri agar nasi yang dimasak bisa awet hingga 3 hari meski disimpan dalam rice cooker.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya